Kamis, 08 September 2016

5 Hewan yang Mengubah Sejarah



Hewan memang memegang sejarah yang panjang dalam kehidupan manusia. Kehidupan manusia pun tidak bisa terlepas dari keberadaannya. Berikut ini kami telah menghimpun hewan-hewan yang memberi warna sejarah kehidupan manusia untuk Anda.

Laika, Anjing Pertama di Angkasa



Tanggal 3 November 1957, Laika terbang ke dalam pesawat Sputnik 2 dan menjadi binatang pertama yang mengorbit dan membuka jalan manusia dalam dunia antariksa. Kosmonot binatang ini mencetak sejarah hanya berselang peluncuran pesawat tanpa awak Soviet yaitu Sputnik 1 yang menjadi pertanda era penjelajahan luar angkasa. Laika sebelumnya hanyalah seekor anjing liar sebelum ditangkap dan dilatih secara intensif dengan anjing lain, namun pihak Soviet memutuskan mengirimkan Laika karena ketahanan tubuhnya yang melebihi anjing lain. Meskipun Soviet mengklaim Laika berhasil selamat dalam Sputnik 2 seminggu sebelum kematiannya, tahun 2002 barulah terbuka fakta bahwa Laika mati beberapa jam setelah ledakan karena kepanasan dan stress. Setelah mengitari bumi lebih dari 2.000 kali, Sputnik bersama Laika di dalamnya terbakar ketika memasuki atmosfer bumi pada April 1958. Agustus tahun 1960, anjing luar angkasa Soviet Belka dan Sterlka menjadi anjing pertama yang selamat mengitari bumi. Kurang dari setahun setelahnya, tepatnya 12 April 1961, pilot Soviet, Yuri Gagarin, menjadi manusia pertama di luar angkasa.  Delapan tahun setelahnya tepatnya 22 Juli 1969 Amerika mencetak sejarah dengan mengirimkan manusia pertama ke bulan.

Cher Ami, Penyelamat Pasukan Amerika dalam Perang Dunia I



Selama peperangan, Cher Ami, merupakan satu dari ribuan burung yang digunakan korps pengirim pesan Amerika di Perancis untuk mengirim informasi penting dalam perang. Oktober 1918, meskipun Cher Ami terluka parah akibat tembakan musuh namun ia masih mengirim pesan kepada pasukan Amerika dari batalion Mayor Charles Whittlesey yang hilang dari divisi infantri 77 yang terjebak di sisi timur laut Perancis selama penyerangan Meuse-Argonne offensive, mereka terkepung pasukan musuh sementara mereka juga diserang pasukan Amerika yang juga tidak mengetahui jelas dimana mereka berada. Meskipun tentara Jerman menembak Cher Ami ketika terbang, burung tersebut tetap menyampaikan pesan kepada Whittlesey dimana battalion tersebut berada. Akhirnya battalion tersebut selamat dan Cher Ami dianugerahi penghargaan Croix de Guerre oleh pemerintah Perancis. Setelah kematiannya pada juni 1919, burung tersebut diawetkan oleh ahli pengawetan dan dipajang di museum Smithsonian.

Cairo, Pencium Keberadaan Osama Bin Laden

blogs.canoe.com


Tanggal 2 Mei 2011, Cairo tergabung dalam tim Navy SEALs yang membunuh pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden dalam penyergapan di Abbottabad, Pakistan. Misi yang berlangsung hamper satu decade tersebut akhirnya berhasil membunuh dalang di balik peristiwa 9/11. Fakta tentang anggota Navy SEALs yang terlibat masih dirahasiakan, juga tentang Cairo yang masih belum diketahui secara luas. Menurut beberapa sumber, anjing K9 tersebut berperan untuk membantu patrol dan menyerang setiap musuh yang dating. Cairo kabarnya seekor anjing Belgian Malinois yang serupa namun lebih kecil dari anjing German shepherd. Anjing jenis Malinois dipilih karena kecerdasan, kecepatan dan ketepatan indra serta kekuatan gigitannya. Semenjak penyergapan bin Laden, keberadaan Cairo masih misteri, namun diberitakan pula tidak lama setelah penyergapan tersebut di saat Presiden Obama bertemu dan memberikan ucapan selamat kepada mereka, ia juga meminta bertemu dengan Cairo yang berada di ruangan sebelah.

Tikus dan Kutu yang Menghantui Kehidupan Abad Pertengahan

www.geneticliteracyproject.org


Pada pertengahan abad ke-14 masehi, pandemi yang mematikan yakni wabah Black Death membunuh sepertiga populasi Eropa atau sejumlah 25 juta orang. Saat itu, penyebab Black Death masih belum diketahui, meskipun beberapa orang percaya bahwa itu adalah upaya bangsa Yahudi membunuh penganut Kristen meskipun yang lainnya mengkaitkan dengan bencana gempa bumi atau pun hukuman dari Tuhan atas segala dosa manusia. Para peneliti nantinya mengidentifikasi hal tersebut sebagai penyakit menular akibat bakteri yersinia pestis yang menginfeksi tikus dan serangga lain dan menular ke manusia akibat gigitan kutu yang terinfeksi.  Wabah Black Death menyebar melalui Asia Tengah menuju Eropa dimana wabah tersebut dating di akhir tahun 1340-an dan dengan cepat membunuh banyak orang serta mengkacaukan kehidupan masyarakat. Salah satu akibat wabah ini adalah kekurangan tenaga kerja yang merajalela dan menyebabkan kenaikan tingkat upah karena para pengusaha sangat membutuhkan tenaga kerja.

Monyet yang Membunuh Raja

id.wikipedia.org

Di awal Oktober 1920, Alexander sang raja Yunani sedang berjalan-jalan di kebun dan pada saat yang bersamaan anjing peliharaan miliknya menyerang monyet peliharaannya. Ketika sang raja mencoba memisahkan kedua binatang tersebut, ada monyet lain yang menggigitnya. Luka tersebut menginfeksi raja dan membuatnya meninggal pada 25 Oktober 1920 di usianya yang baru 27 tahun. 

disadur dengan pengubahan dari laman 

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon