Rabu, 20 Juli 2016

Sang Pioner Sesungguhnya

Loading...


Semua berawal dari Bahasa C. Jika C tidak tercipta maka kemajuan komputer pun tidak akan pernah tercipta. Siapa yang mempunyai sumbangsih besar akan kemajuan ini? ia adalah  Dennis M. Ritchie. Pria kelahiran 9 September 1941  ini adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal atas sokongannya membuat  bahasa pemrograman C (dibaca: si) dan berbagai sistem operasi seperti Unix yang beliau kembangkan bersama dengan Ken Thompson. Beliau terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering atas jasanya dalam“Development of the C Programming Language and for co-development of the Unix Operating System”. Ia mungkin tidak terkenal seperti layaknya Steve Jobs ataupun Bill Gates, Namun Penemuan bahasa C dan pengembangan sistem operasi Unix menjadikan beliau dan Ken Thompson sebagai pionir utama didunia komputasi modern. Bahasa C hingga kini masih tetap eksis digunakan secara luas dalam program aplikasi, sistem operasi, embedded system,dan pengaruhnya dalam bahasa pemrograman modern lainnya. Sistem Operasi Unix juga telah memberikan pengaruh besar dalam dunia komputasi modern. kemunculan bahasa C ini melahirkan berbagai teknologi baik itu software maupun hardware.  Dari bahasa pemrograman – sistem operasi – hingga perangkat smartphone. Berikut merupakan timeline pengaruh dari penciptaan bahasa C hingga sekarang ini.

Tahun 1965 – Unix, sistem operasi komputer diciptakan yang dilakukan AT&T, GE dan MIT. kemudian pada tahun 1973 Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson menggunakan bahasa C yang baru dikembangkan oleh Dennis Ritchie.

Tahun 1972 – bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie untuk sistem operasi Unix. Yang luar biasa, bahasa C mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ (dibaca: si plus plus.) yang merupakan extensi dari C.

Tahun 1990-an – muncul bahasa pemrograman yang disebut Java, bahasa ini banyak mengadopsi sintaks dari C dan C++.

Tahun 1991 – Linux diperkenalkan oleh penciptanya yang bernama Linus Torvalds. Dan Linux ini merupakan turunan dari sistem operasi Unix.

Tahun 2001 – Macintosh X dikenalkan oleh Apple, sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, dan kehandalan dan keamanan yang dimiliki Unix.

Kemudian, menyebar lagi ke berbagai perangkat keras. Seperti iPhone dan Android yang didasari dari kernel Linux.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwasannya pengaruh dari penemuan  Dennis M. Ritchie begitu besar hingga sekarang. kita bisa bayangkan jika tidak ada penemuan dia mungkin kita semua tidak akan bisa memegang smartphone setiap pagi. Yah amat disayangkan ia tidak seterkenal Steve Jobs yang kematiannya ditangisi oleh seluruh dunia. Namun setidaknya kita harus mengakui ia merupakan seorang revolusioner dalam bidang teknologi. 

sumber gambar: wikipedia.org
sumber refrensi: codepolitan.com

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon