Kamis, 21 Juli 2016

9 Desain Awal Kapal Selam

Mungkin kapal selam bertenaga nuklir yang kita lihat sekarang dapat ditelusuri jejaknya sejak tahun 1500-an. “Kapal bawah air” pertama di dunia awalnya tidak lebih dari perahu dayung yang dikemudikan manusia, namun di abad ke-19 M para penemu telah menciptakan kapal selam dari besi yang bertenaga listrik dan dapat bergerak di dalam laut, bahkan beberapa telah digunakan dalam pertempuran. Kami telah menghimpun 9 kapal selam pertama yang diciptakan manusia.

The deep-sea submersibles and nuclear subs of today can trace their origins back to the 1500s. The world’s first “underwater boats” were little more than glorified diving bells powered by pedals and hand cranks, but by the 19th century inventors had created crude metal craft that used engines and electricity to glide beneath the waves. A few even saw use in combat. From an oar-powered prototype to the original U.S. Navy submarine, here are nine undersea vehicles that were among the first in history to take the plunge.

Drebbel: 1620-1624

sumber : www.boaterexam.com

Ahli matematika berkewarganegaraan Inggris, William Bourne, membuat beberapa desain awal kapal selam sekitar tahun 1578, namun desain kapal selam pertama di dunia yang bisa dikendarai dibangun pada abad ke-17 oleh Cornelius Drebbel, seorang polymath dan penemu di bawah komando Raja Britania James I. Kapal selam miliknya merupakan modifikasi dari perahu dayung yang dilapisi kain berminyak dan dikemudikan oleh sekelompok pendayung. Sekitar tahun 1620, ia mencoba menggunakan kapal selam tersebut untuk menyelami Sungai Thames dalam acara demonstrasi yang disaksikan oleh Raja James dan ribuan warga London. Sayangnya, tidak ada satupun desain kapal selam milik Drebbel yang tersisa saat ini, hal ini membuat para sejarawan hanya bisa mengira bagaimana bentuk dan mekanisme “kapal selam” tersebut. Beberapa sumber menyatakan benda tersebut dapat menyelam karena desain bulat ataupun berkat tanki kayu pemberat, sementara sumber lain mengira bahwa desainnya yang miring dan system pengatur berat digunakan untuk membuat kapal tersebut berada di dalam air ketika dioperasikan.

Turtle: 1775

sumber : en.wikipedia.org

Selama revolusi Amerika, David Bushnell menyediakan pasukan colonist sebuah senjata rahasia dalam bentuk kapal selam bernama “Turtle.” Kapal kayu berpenumpang satu ini bergantung kepada kekuatan manusia untuk bergerak. Sebuah tanki udara bertenaga kayuhan pedal membuatnya dapat naik ke permukaan dan menyelam dan system pemberat membuatnya bisa tetap di bawah air. Jika digunakan secara benar, kapal tersebut mampu mendekati kapal musuh tanpa terdeteksi dan memasang ranjau laut seberat 150 pon di bawah air. Dini hari tanggal 7 September 1776, prajurit Ezra Lee meluncurkan penyerangan kapal selam pertama di dunia ketika ia mengemudikan Turtle. Hanya dengan latihan singkat menyebabkan ia gagal untuk memasang bom waktu di lambung kapal, ia menolak misi tersebut dan meledakkan ranjau tersebut di permukaan laut. Bushnell kemudian meninggalkan proyeknya setelah beberapa kegagalan yang juga gagal menenggelamkan kapal musuh, namun penemuannya ini membuatnya mendapatkan pujian dari beberapa tokoh Negara. Ketika ditanya mengenai Turtlem George Washington menjawab, “Saya berpikir dan masih berpikir bahwa karya tersebut merupakan ciptaan dari manusia jenius.”

Nautilus: 1800

sumber : weaponsandwarfare.com

Ketika mengabdi kepada pemerintah Perancis tahun 1800, penemu berkewarganegaraan Amerika Robert Fulton mendesain “Nautilus,” sebuah kapal besi yang kadang disebut sebagai kapal selam modern pertama. Kapal berukuran 21 kaki tersebut menggunakan fitur-fitur revolusional seperti lambung kapal berbentuk rokok dan menara kemudi dari tembaga. Menggunakan tenaga tangan, empat motor penggerak dan juga terdapat layar portable untuk berlayar di permukaan. Pesawat juga digunakan untuk menemani pelayaran kapal selam, Fulton juga bereksperimen dengan tanki udara bertekanan untuk menyuplai oksigen awak kapal. Meskipun Nautilus berhasil melalui beberapa tes penyelaman di awal abad ke-19, namun proyek itu gagal menang dalam persaingan dengan angkatan laut Inggris dan Perancis. Fulton nantinya kembali ke Amerika dan menjadi terkenal karena mengembangkan kapal uap komersial pertama.

Sea Devil: 1855

sumber : www.history.com

Wilhelm Bauer membuat kapal selam pertamanya tahun 1850, namun hampir merenggut nayawanya setelah tenggelam sedalam 50 kaki ketika didemonstrasikan. Hal tersebut tidak dipikirkannya, ia kembali melanjutkan eksperimennya dan mendapatkan pendanaan dari pemerintah Rusia untuk alat tempur baru. Setelah berkunjung ke St. Petersburg tahun 1855, ia membuat “Sea Devil,” kapal selam berukuran 52 kaki berawak banyak orang. Kapal ini digadang-gadang memiliki teknologi revolusioner dengan beberapa tanki udara untuk menambah kemampuan apung. “Sea Devil” nantinya berhasil menjalani 130 penyelaman sebelum hilang di tengah laut. Kabar yang paling tidak wajar berembus ketika pengangkatan Czar Alexander II, ketika kapal itu menyelam dengan empat awak. Saksi mata nantinya melaporkan bahwa merka dapat mendengar suara nyanyian lagu kebangsaan Rusia dari bawah air.

CSS H.L. Hunley: 1863

sumber : www.militaryfactory.com

Desain awal kapal selam temput HL. Hunley dibentuk untuk membantu pasukan Konfederasi kabut dari barikade angkatan laut pasukan Union selama Perang Sipil. Dibangun secara khusus di Mobile, Alabama tahun 1683, dibentuk dari daur ulang mesin tangki uap dan dapat memuat delapan awak—satu untuk menyetir dan tujuh lainnya untuk mengayuh alat penggerak. Terdapat senjata tombak dengan ujung torpedo yang akan meledak ketika menyerang kapal musuh. Pengujian awal memberikan nama lain kapal Hunley dengan “peripatetic coffin”. Kapal ini tenggelam selama pengujiannya, membunuh sekitr 13 awak, termasuk teknisi Horace Lawson Hunley dan dinamakan karena jasanya itulah. Dalam penyerangan, kapal tersebut berhasil menyerang USS Housatonic, meski kapal tersebut juga rusak dalam penyerangan tersebut. Meskipun menjadi kapal selam pertama dalam sejarah yang menghancurkan kapal lawan, pasukan Dixon dan semua anggota Konfederasi gagal memenangkan Perang Sipil.

Le Plongeur: 1864

sumber : www.wikiwand.com

Kapal selam ini adalah kapal selam pertama yang ditenagai mesin, “Le Plongeur” (“Sang Penyelam”) merupakan kapal selam Perancis buatan Simeon Bourgeois dan Charles Brun. Tidak seperti kapal selam lain yang menggunakan tenaga manusia, kapal yang berukuran 140 kaki ini menggunakan mesin piston yang ditenagai udara terkompresi yang dari dalam tanki. Tanki ini juga menyediakan oksigen bagi awak kapal yang menyeimbangkan tekanan udara dalam kapal selam. Kapal selam ini berhasil melalui beberapa tes penyelaman, namun karena suplai udara yang terbatas dan strukturnya yang tidak stabil membuatnya tidak digunakan tahun 1872. Banyak masalah ini yang kemudian diperbaiki tahun 1888 dengan konstruksi kapal selam “Gymnote” yang lebih stabil dan ditenagai oleh listrik.

Ictineo II: 1865

sumber : brassgoggles.co.uk

Setelah menyaksikan kematian seorang penyelam tahun 1857, seorang aktivis politik sekaligus penemu yakni Narcís Monturiol i Estarriol terinsiprasi membangun sebuah kendaraan bawah laut untuk menambah keselamatan para pekerja. Hasilnya adalah Ictineo II, kapal selam yang bertenaga mesin pertama didunia. Pendahulu Ictineo II adalah Ictineo I, Ictineo II yang berukuran 46 kaki sangat stabil karena system pengatur berat dan empat tanki bertekanan udara yang ditaruh di dalam lambung ganda kapal. Untuk membuat system pendorong, Monturiol membangun system kerja mesin yang menggunakan reaksi kimia yang menimbulkan panas dan oksigen. Mesin yang berfungsi baik membuat serangkaian ujicoba berhasil di akhir 1867, namun kapal selam tersebut dijual karena kekurangan pendanaan. System pendorong tersebut tetap menjadi yang terbaik dan digunakan hingga abad ke-20 M.

Argonaut: 1897

sumber : www.ojaivalleybeefarm.com

Kemajuan pesat dalam bidang kapal selam memang terjadi di akhir abad ke-19 masehi, namun masih terdapat kekurangan yakni dalam durasi perjalanan di bawah air. Hal tersebut berubah tahun 1897 ketika insinyur Amerika Simon Lake membangun Argonaut, kapal selam berukuran 36 kaki dengan mesin bensin bertenaga 30 kuda. Fitur kapal selam yang paling tidak biasa adalah satu set roda yang membuatnya bisa bergerak di pantai. Juga terdapat periskop, ruang kemudi dan selang terapung yang menyediakan udara bagi mesin dan awak kapal. Lake menggunakan Argonaut untuk menemukan kapal yang tenggelam di Pantai Chesapeake, namun tahun 1898 ia menggunakannya untuk berlayar dari Norfolk di Virginia hingga Sandy Hook di New Jersey  yang merupakan perjalanan lautan pertama yang dilakukan sebuah kapal selam. Perjalanan tersebut mendapat apresiasi besar dari banyak pihak. Ia kemudian mengembangkan banyak kendaraan bawah air untuk Angkatan Laut Amerika dan memiliki lebih dari 200 paten ilmiah.

USS Holland: 1898

sumber : pigboats.com

Dalam perayaan di New Port, Kepulauan Rhode, tanggal 12 Oktober 1900, USS Holland menjadi kapal selam pertama yang secara resmi bertugas untuk Angkatan Laut Amerika. Dibangun tahun 1898, kapal berukuran 54 kaki ini diambil dari nama penemunya, John Philip Holland, seorang insinyur kelahiran Irlandia yang menjadi salah satu insinyur kapal selam ternama di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Bagian kapal tersebut terdiri dari corong torpedo dan meriam udara yang dikenal dengan “dynamite gun.” Kapal ini ditenagai mesin berbahan bakar bensin 4 silinder untuk bergerak di permukaan, namun juga termasuk motor listrik 160 tenaga kuda untuk bergerak di dalam air. Karena Holland tidak pernah mengalami perang, kapal tersebut menjadi alat pelatihan dan kapal selam eksperimental karena merupakan regu kapal selam pertama bagi Amerika. Kapal tersebut pension tahun 1905 karena Angkatan Laut telah memiliki setengah lusin kapal selam yang bertugas.

disadur dengan pengubahan dari laman


Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon