Jumat, 15 Juli 2016

8 Penemuan Kuno yang Digunakan Hingga Kini

sumber www.parsawireless.com

Setiap hari kita memerlukan hal-hal yang menunjang hidup kita dengan baik, entah itu benda-benda atau nilai-nilai dalam masyarakat. Berikut ini kami menghimpun beberapa hal dari zaman kuno yang sampai saat ini masih menjadi hal-hal vital dalam kehidupan manusia.

Kertas

sumber sites.google.com

Sejak 3000 SM, bangsa Mesir telah mengembangkan teknik untuk membuat kertas dari bahan pohon papyrus, yakni pohon yang jamak ditemui di sekitar sungai Nil. Bangsa Mesir juga menemukan pembuatan pena yang dibuat dari potongan alang-alang yang cukup kuat untuk dapat menggoreskan tinta di kertas serta jangan lupakan tinta yang kala itu terbuat dari campuran tumbuh-tumbuhan dan getah karet. Pembuatan kertas ini bukannya tanpa tujuan, salah satunya adalah untuk menuliskan huruf hieroglyph yang masih bisa kita baca bahkan di usianya yang lebih dari 5000 tahun.

Perias Mata


Bangsa Mesir Kuno juga mengenal riasan mata. Sekitar 4,000 tahun SM, mereka mulai mewarnai alis dengan bahan alami. Dalam beberapa lukisan Mesir kuno, bangsa Mesir digambarkan menggunakan riasan alis berwarna hijau. Baik pria dan wanita Mesir kuno menggunakan riasan mata, mereka meyakini bahwa hal tersebut dapat memberikan penyembuhan dan melindungi dari iblis.

Pemerintahan Demokratis

sumber classicalwisdom.com


Istilah demokrasi dating dari bahasa Yunani yakni demokratia yang berarti “pemerintahan rakyat”. Konsep dan istilah ini digunakan kira-kira 507 SM oleh Cleisthenes, pemimpin polis Athena. Bentuk pemerintahan ini terdiri dari tiga lembaga mandiri yakni ekklesia atau dewan pembuat peraturan, boule atau dewan rakyat dan dikasteria atau pengadilan masyarakat. Dalam pelaksanaannya, system ini hanya diikuti sebagian kecil masyarakat karena hanya bisa dinikmati pria dewasa. Bentuk pemerintahan ini hanya bertahan hingga 460 SM di Athena ketika system kerajaan mulai mengendalikan Athena di bawah kepemimpinan Jendral Pericles. Namun, hal-hal fundamental mengenai system demokrasi berinti kepada system demokrasi Yunani kuno dan telah memengaruhi system politik dunia.

Lari Marathon

sumber www.awesomestories.com

Tahun 490 SM, terjadilah peristiwa dimana seorang prajurit Yunani yang berlari dari Marathon menuju Athena, kira-kira sejauh 26 mil untuk memberitahu kemenangan melawan Persia dalam pertarungan Marathon. Setelah menyampaikan kabar tersebut, prajurit itu meninggal. Selama berabad-abad, cerita ini menjadi dongeng yang terkenal, prajurit ini bernama Pheidippides. Lomba Marathon modern pertama kali dilaksanakan dalam Olimpiade Athena tahun 1896 dan dijuarai atlet Yunani, Spyridon Louis.

Semen

sumber en.wikipedia.org

Material padat yang dikenal sebagai opus caementicium, atau semen Roma, mulai digunakan 2100 tahun lalu dan menjadi tren arsitektur yang mulai digunakan oleh kaisar Augustus tahun 27 SM. Bangsa Roma mencampur batu lime dengan abu vulkanik untuk membentuk campuran mortar lalu menempelkan campuran ini dengan batu bata atau batu vulkanik sebagai bahan pembuat jalan, jembatan, saluran air serta bangunan lainnya seperti Colosseum. Ilmuan saat ini telah menyimpulkan bahwa semen era Roma ini meskipun lebih rapuh dari semen modern namun lebih tahan lama bahkan selama ribuan tahun.

Koran

sumber www.emaze.com

Acta Diurna atau “kabar harian” yang pertama kali hadir sekitar 131 SM menjadi tren politik dan social dalam kehidupan Roma kuno. Berita seperti kemenangan militer, acara gladiator dan perlombaan lain, kematian dan kelahiran dan bahkan kabar tren masyarakat ditulis dalam kepingan besi dan dibaca banyak orang dalam forum masyarakat Roma. Nantinya dalam era Julius Caesar, Acta Senatus mulai menulis aktivitas dari Senat Roma. Acta Diurna boleh dikatakan menjadi awal Koran modern.

Coklat



Penemuan ini dating dari biji kakao yang ditanam lebih dari 3000 tahun lalu oleh suku Maya, Aztec dan Toltec di Amerika. Peradaban inilah yang menggunakan buah kakao sebagai bahan minuman berenergi, dan suplemen. Suku Maya memuja pohon kakao dengan sacral dan biji kakao digunakan sebagai mata uang disana. Abad ke-16 disaat penjelajah Spanyol yang mencari emas dan perak di Dunia Baru membawa coklat kembali ke Eropa dan menjadi salah satu makanan utama hingga kini.

Angka Nol


sumber www.examveda.com

Dalam penemuannya, mengejutkan bahwa angka nol merupakan penemuan yang relative baru dalam sejarah manusia, meskipun hal ini berdasarkan penemuan kuno. Ide penggunaan symbol mirip angka nol sebagai penanda yang membedakan angka 10 dan 100, dan sekitar tahun 300 SM ketika bangsa Babilonia kuno  mengadaptasi angka ini dalam system penghitungan. Di belahan dunia lain, bangsa Maya mulai menggunakan angka nol sebagai angka independen sekitar 350 SM. Mereka menggunakannya dalam system kalender juga, namun tidak seperti bangsa Babilonia, mereka tidak benar-benar menganggap angka ini dalam system perhitungan. Perkembangan angka nol yang sempurna baru terjadi di abad 7 M di India, ketika astronom India Brahmagupta menulis peraturan penggunaan angka nol dalam operasi matematika dan penghitungan, ia juga memperkenalkan bahwa angka nol bisa digunakan sebagai nomor secara utuh.

 diterjemahkan dengan pengubahan dari laman 

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon