Selasa, 05 Juli 2016

8 Pemimpin Bangsa Barbar yang Terkenal

Loading...

Sumber : sf.co.ua
Sejak abad ketiga hingga kelima Masehi terdapat tentara Roma yang terdiri dari berbagai bangsa khususnya para petinggi tentara dari bangsa Goth, Vandal dan Hun, mereka pun mulai memiliki arti penting dalam dunia kemiliteran bangsa Roma. Mereka dikenal oleh musuh sebagai lawan yang brutal, kejam dan tidak beradab, hal inilah yang semakin mengokohkan posisi bangsa Barbar dalam dunia militer dan kejayaan Romawi di barat. Kami menghimpun delapan fakta mengenai delapan pemimpin bangsa Barbar yang Berjaya di akhir masa kekaisaran Roma.
Arminius
Sumber : en.wikipedia.org
Terlahir dalam keluarga terhormat dari suku Cherusci Jerman sekitar tahun 18 SM, Arminius (dikenal di Jerman sebagai Hermann) terambil dari keluarganya dan mengabdi kepada Kekausaran Roma tahun 9M, pasukan di wilayahnya disergap dan dibantai oleh tentara Roma di bawah pimpinan Gubernur Publius Quinctilius Varus di provinsi Germania di hutan Teutoburg..meskipun Arminius dikenal sebagai pribadi nasionalis, di masa penyatuan Jerman ke dalam kekuasaan tahun 19 M, reputasinya terancam dalam kebangkitan Perang Dunia II dimana bangsa Jerman Modern mengkaitkan kehidupannnya dengan Jerman pimpinan Adolf Hitler
Boudica
sumber : headlesssamurai.tumblr.com
Seperti wanita Celtic umumnya Boudica (atau Boadicea) menikmati kebebasannya lebih dari wanita di masanya dan terlatih untuk bertarung mengangkat senjata seperti pria pada umumnya. Ketika suaminya Raja Prasutagas dari Anglia Timur (Inggris) meninggal tanpa keturunan pria tahun 60 M, bangsa Roma mengambil kesempatan menguasai kerajaannya dengan secara umum menculik Boudica dan memerkosa kedua putrinya. Dengan ketidakhadiran Gubernur  Gaius Suetonius Paulinus dari wilayahnya, ia sendiri memimpin pemberontakan suku Iceni dan suku lainnya dan membuahkan kemenangan meawan tenntara Roma Legion Kesembilan. Menurut sejarawan Roma Tacitus, Boudica membantai sejumlah 70,000 tentara Roma dan pendukung Roma dalam pemberontakannya. Paulinus pun kontan kembali ke wilayanya dan berhasil meredam pemberontakan tersebut.

Alaric
Sumber : www.bbc.co.uk
Salah satu pemimpin bangsa Barbar paling dikenal adalah raja bangsa Goth Alaric I yang naik takhta segera setelah kematian Kaisar Roma Timur Theodosius II tahun 395 M, hal ini pun menimbulkan ketegangan antara bangsa Roma dan Goth.Ketika Kaisar Roma Barat Flavius Honorius menolak menyuplai pasukan Alaric dengan wilayah dan perbekalan tahun 408, pasukan bangsa Goth menyerang Roma tahun 410 dengan pasukan budak yang membelot dan membuka gerbang Salaria, segera pasukan Alaric menjadi musuh dari luar negeri yang masuk ke kota dalam 800 tahun. Mereka menghancurkan Roma dalam tiga hari, namun memerlakukan warga dengan baik. Alaric kabarnya meninggal setelah kepergian bangsa Goth dari Roma dalam ekspedisi menuju Afrika. Keturunannya ,bangsa Visigoth, bermigasi ke tanah Iberia dan mendirikan kerajaan yang sekarang disebut Spanyol.
Loading...

Attila the Hun
Sumber : www.biography.com 
Lahir dalam keluarga bangsawan bangsa Huns, sebuah suku Nomaden yang sekarang disebut Hungaria, Attila naik takhta bersama saudaranya, Bleda tahun 434 M. Ia menjadi sekutu Roma melawan bangsa Barbar lainnya termasuk Burgundia dan Goth,namun ia setuju menyuplai upeti berupa emas sebagai ganti tidak melawan wilayah Roma kepada bangsa Barbar yang akan menyerang Roma. Setelah Bleda terbunuh, ia menguasao kekaisaran yang membentang di Eropa Tengah. Kisah rumit dengan Kaisar Roma Barat Valentinian III dan saudara perempuannya, Honoria, menginspirasi Attila untuk menginvasi Gaul (Perancis modern) tahun 450 M. Meskipun gabungan pasukan Roma dan Visigoth menghalau invasi, Attila tetap menang dan tahun 452 menginvasi Italia. Bangsa Roma kemudian mengirim Paus Leo I sebagai utusan perdamaian dan meskipun ia sendiri tidak mengetahui siapa yang ditemuinya, Attila segera menarik pasukannya dan kembali ke Hungaria. Tahun berikutnya, ia ditemukan meninggal di pagi setelah pernikahannya (ia memiliki banyak istri), ia ditemukan dengan darah mengucur dari hidung, diduga ia meninggal akibat keracunan alcohol ataupun pembunuhan yang direncanakan dan juga diduga ada hubungan dari istri barunya, Ildico. nspiracy, possibly involving his new bride, Ildico.
Genseric 
sumber : akreon.deviantart.com
Tak lama setelah raja bangsa Vandal Genseric naik takhta tahun 428 M, ia memimpin pasukannya sebanyak 80,000 orang ke Afrika Utara, dimana ia mendirikan sebuah kerajaan yang akan secara efektif mengatur laut Mediterania berabad kemudian. Setelah kaisar Valentinian III terbunuh, bangsa Vandal menyerbu Roma tahun 455 M. menyadari ketidakseimbangan kekuatannya untuk melawan, kaisar mengirim Paus Leo I untuk meminta ampunan. Berkat kerja sang Paus, bangsa Vandal bersedia tidak membakar kota atau pun membunuh warga kota sebagai jaminan dirinya bisa masuk ke Roma secara bebas. Kemenangan Genseric berikutnya dating ketika ia kembali ke Afrika Utara dimana ia sukses melibas dua serangan Roma tahun 461 dan 468 dan menyerang kekaisaran Timur dari Alexandria di Mesir ke Anatolia. Ia meninggal secara dengan damai tahun 478.

Odoacer
sumber : alchetron.com


Banyak sarjana yakin bahwa Odoacer, raja pertama bangsa Barbar di Italia, adalah anak dari Edico dari Hun, Raja dari suku Germanik Sciri dan penasihat pemimpin Hun Attila. Tahun 476 M, setelah menjadi komandan pasukan Roma di Italia, Odoacer memimpin pemberontakan melawan Orestes, jenderal Roma yang telah menundukkan kekaisaran Barat Julis Nepos dan menjadikan anaknya yakni Romulus Augustulus diasingkan. Meskipun ia secara resmi mengakui kekuasaan kekaisaran Bizantium, Orestes menolak untuk mengembalikan Julios Nepos sebagai kaisar Roma Barat, bahkan menyatakan dirinya raja. Odoacer adalah pemimpin yang toleran karena membolehkan penyebaran agama katolik roma sedangkan dirinya penganut Kristen Arian. Segera, Aliansi Bizantium dengan bangsa Osrogoth menyerbu Italia tahun 489 dan segera menguasai hampir seluruh semenanjung Italia. Odoacer berencana singgah di Ravenna sementara, namun setelah menandatangani perjanjian untuk mengatur kota bersama tahun 493, Theodoric membunuh Odoacer, keluarganya dan para pengikutnya.

Clovis
sumber : alchetron.com 
Clovis I adalah pemimpin pertama dinasti Merovingian yang akan memimpin Jerman dan Gaul dari tahun 500 hingga 750 M dan ia disebut sebagai pendiri Perancis. Putra dari Childeric, raja suku Germanik yang dikenal sebagai Salian Franks, Clovis naik takhta tahun 481 ketika ia baru berusia 15 tahun. Setelah mengalahkan gubernur Roma terakhir di Gaul pada pertempuran Soisson tahun 486, Clovis mendirikan sebuah kerajaan pemersatu bangsa Frank yang membentang dari sisi barat sungai Rhine hingga laut Atlantik. Clovis pun berganti keyakinan menjadi katolik  dan  kerajaannya memiliki perpaduan kebudayaan Jerman dan Roma. Kekuatan yang ditunjukkan musuhnya raja Visigoth Alaric II sempat mengancam kekuasaannya, namun tahun 507 Clovis mengalahkan dan membunuh musuhnya tersebut. Ia berencana melebarkan kekuasaannya lebih jauh, namun terbatasi oleh kekuatan Theodoric, pemimpin bangsa Osrogoth di Italia. Clovis meninggal tahun 511 dan keturunan Merongovian (dikenal juga sebagai Charlemagne) akan memimpin lebih dari 200 tahun..
Theodoric
sumber : ro.wikipedia.org
Waktu kecil, ia dikirim ke Konstantinopel sebagai tawanan dari Kekaisaran Roma Timur untuk memastikan  kesetiaan ayahnya, Theodemir dari Ostrogothic, dengan perjanjian antara Roma dan bangsa Goth. Meskipun ia tidak pernah belajar membaca atau menulis, ia mengadopsi berbagai budaya Roma. Tahun 488 M, Theodoric menginvasi Italia, menaklukkan seluruh semenanjung dan Sisilia tahun 493 disaat ia membunuh musuhnya, Odoacer. Dengan kehendaknya sendiri, perdamaian terjadi di bawah pimpinannya selama 33 tahun. Ia mengadakan perjanjian secara resmi untuk bangsa Goth dan Roma serta menekankan bahwa kedua kelompok tersebut harus hidup damai. Jauh dari kesan “Barbar” dan tidak beradab, Theodoric melayani kerajaannya dengan aman dan damai di Roma sebagai Kaisar Roma. Setelah kematiannya tahun 526, ia melegenda sebagai Theodoric Agung karena kebijaksanaannya dalam memerintah Kekaisaran Roma Barat.

diterjemahkan dengan pengubahan dari laman :

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon