Kamis, 02 Juni 2016

9 Fakta Menarik Tentang Nikola Tesla

Loading...


Karena ide-ide revolusioner miliknya dalam dunia insinyur, karya Nikola Tesla yang paling fenomenal (termasuk penggerak arus bolak balik /AC dan pengubah daya yang dikenal dengan Tesla Coil) masih digunakan hingga kini, namun masih banyak ide-ide besar yang belum direalisasikan dan kedengaran aneh. Kami telah menghimpun fakta menarik tentang ide dan kehidupan Nikola Tesla.
Rasa Syok Kehilangan Saudara Membuatnya Mengklaim Dapat Melihat Hal Supernatural
pinterest.com

Kehidupan masa kecil Nikola Tesla berubah ketika ia menyaksikan kematian kakak laki-lakinya Dane dalam sebuah kecelakaan. Beberapa tahun setelahnya, Tesla mulai melihat hal-hal aneh di sekitarnya. Ketika remaja Tesla belajar melatih kemampuannya mengendalikan penglihatannya, namun nanntinya ia menghabiskan sebagian besar hidupnya memberi makan dan mengklaim dirinya dapat berkomunikasi dengan burung dara di sekitar New York.
Ia Menjadi Penggali Tambang untuk Memenuhi Kebutuhannya
news.nationalgeographic.com

Setelah lulus dari universitas, Tesla bekerja di perusahaan lstrik milik Edison di Paris, namun ia pergi ke Amerika tahun 1884 dengan harapan bisa bekerja langsung dengan Edison, pria yang berjasa memberikan pelayanan listrik kepada konsumen. Tesla segera mendapat pekerjaan sebagai insinyur di perusahaan pusat milik Edison dan membuat kagum “Menlo Park” dengan kerja keras dan ide miliknya. Setelah Edison memberi sayembara bahwa ia akan membayar $50,000 untuk sebuah perbaikan desain generator listrik arus langsung (DC), Tesla bekerja keras dan menemukan solusinya. Edison menolak membayar dan bahkan menganggapnya main-main. Kontan saja ia keluar dari perusahaan Edison dan membuat perusahaan sendiri. Untuk memenuhi dana penelitian mengembangkan generator arus bolak balik (AC), ia bahkan bekerja sebagai tukang gali tambang dengan upah $2 per hari.
Hampir Saja Tesla dan Mark Twain Menemukan X-Ray
teslasociety.com

Twain dan Tesla berteman sejak 1890-an karena kesamaan minat dalam bidang teknologi dan sains. Dalam kunjungannya ke lab milik Tesla suatu hari, Twain memerhatikan foto dengan sinaran pijar. Tahun 1895, Tesla dan fotografer Edward Ringwood Hewett mengundang kembali Twain dengan hasil foto yang baru menggunakan pencahayaan alat elektronik bernama Crookes tube. Disaat Tesla melihat hasil foto negative, ia berpikir bahwa penemuannya gagal. Hanya berselang seminggu setelah penemuan ilmuwan jerman Wilhelm Röntigen yang memublikasikan karyanya yaitu X-Ray dari Crookes tube yang membuat Tesla sadar bahwa karyanya dan Twain dihancurkan dengan penemuan X-Ray.
Ia Menemukan Sistem Kendali Jarak Jauh Kapal 
teslasociety.com

Dalam kemelut perang Spanyol-Amerika tahun 1898, salah satu karya sampingan Tesla merupakan miniature kapal yang bisa dikendailkan dengan sinyal radio. Ketika ia mengajukan karyanya ke lembaga Paten Amerika, mereka menolak bahwa hal tersebut akan bekerja dan mengutus seseorang mengunjungi laboratorium Tesla di Manhattan untuk melihat karya milik Tesla. Ia juga mengatakan dalam New York Post alatnya akan mengurangi korban perang karena dapat bertempur tanpa awak.
Ia Mengklaim Mendapat Sinyal dari Luar Angkasa yang Nantinya Terbukti Benar

livescience.com

Selama musim panas 1899 Tesla menggelar penelitian lapangan di air terjun Colorado dengan memanfaatkan lokasi tersebut untuk mengirim informasi jarak jauh. Suatu hari di bulan Juli, dengan niatan mendeteksi badai petir, alat miliknya justru menerima sinyal-sinyal. Setelah menghitung factor sinar matahari dan bumi, ia memutuskan sinyal tersebut seharusnya berasal dari Planet lain. Natal berikutnya dalam rangka memenuhi permintaan Palang Merah Amerika memprediksi karya ilmiah terbesar di abad berikutnya, Tesla menulis, “saudara-saudara! Kita mendapatkan sebuah pesan dari dunia lain, misterius dan dari jarak jauh. Kemudian tahun 1996 ilmuwan memublikasikan penelitian yang membenarkan penelitian Tesla dan menunjukkan bahwa sinyal tersebut disebabkan bulan Io yang melewati ladang magnetic Jupiter.
Arsitek Kenamaan Stanford White Mendesain Laboratorium Tesla
tuks.nl

Tahun 1901 Tesla meminta investor J.P. Morgan menginvestasikan $150,000 untuk membangun Laboratorium di Wardenclyffe di pantai utara Long Island yang nantinya akan menjadi pusat kantor Tesla. Stanford White, arsitek kenamaan dan teman Tesla mendesain sebuah lanoratorium dengan desain klasik beserta menara setinggi 185 kaki. Tower yang bisa dilihat hingga New Haven, Connecticut, berdiri untuk membantu Transmitter Tesla “ tonggak yang dapat menggetarkan bumi.” Fondasi yang tertancap hampir sedalam menara tersebut yang menghubungkan transmitter dengan 16 rangkaian pipa besi di bawah tanah yang masing-masing selebar 300 kaki.
Ia Mempunyai Hubungan yang Renggang dengan Pendukung J.P. Morgan
armstrong-history.wikispaces.com


Ketika uang mereka habis sebelum menara Wardenclyffe selesai dibangun, Tesla memohon dukungan dana Morgan, namun usahanya ditolak mentah-mentah. Meskipun para penulis bigrafi berspekulasi bahwa Morgan memotong dana pembangunan karena mengetahui rencana Tesla membangun koneksi energi nirkabel tidak menguntungkan, alasan utamanya adalah karena Morgan gegabah mengikuti spekulasi pasar.
Tesla Menghabiskan Akhir Hidupnya Menyendiri
pinterest.com

Meskpiun selama puluhan tahun menjadi golongan atas masyarakat New York, usia dan kemiskinan membuat Tesla semakin terisolasi. Ia tinggal sendiri di hotel termurah dan bahkan lebih memilih bergaul bersama burung merpati ketimbang manusia. Ketika berumur 79 tahun ia memperkenalkan penemuannya berupa sebuah oscillator kecil yang dapat menghancurkan gedung Empire State.
Tesla Bahkan Pernah Membayar Tagihan Hotel dengan Desain “Sinar Mematikan”
hutchisoneffect.ca

Laboratorium yang tidak berjalan di Wardenclyffe dimiliki Waldorf-Astoria sebagai bayaran utang Tesla. Berpuluh tahun kemudian, manajer dari hotel Governor Clinton mengatakan bahwa ia diberikan sebuah purwarupa senjata partikel yang dapat menghentikan perang. “Senjata sinar mematikan” Tesla diyakini dapat menghentikan peperangan. Ketika diberikan, Tesla mengimbau karyawan hotel bahwa mereka tidak boleh membukanya. Mereka dengan takut menurutinya dan menyembunyikan benda tersebut di gudang. Setelah kematiannya tahun 1943, kotak tersebut dibuka dan hanya ditemukan alat listrik using.

disadur dengan pengubahan dari laman
http://www.history.com/news/history-lists/9-things-you-may-not-know-about-nikola-tesla

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon