Kamis, 23 Juni 2016

Mengapa Tulisan Latin, Arab, dan China, berbeda dalam arah penulisan?

Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa tulisan arab dari kanan kekiri? Mengapa tulisan China dari atas kebawah? dan Mengapa tulisan latin dari kiri kanan? Menurut Buku The Fundamental of Typografy karangan Gavin Ambrose dan Paul Harris Arah baca sebuah tulisan dipengaruhi oleh sejarah tulisan itu dibuat.


Tulisan Arab dari kanan ke kiri










Sebelum adanya kertas,  bangsa arab menulis sesuatu dengan cara memahat. Ketika memahat tangan kanan secara otomatis akan memegang palu, dan tangan kiri memegang pahat. Dengan memahat dari kanan ke kiri maka akan lebih mudah melihat tulisan yang sudah dipahat. 


Tulisan China dari atas ke bawah
source: id.alliexpress.com

Sedangkan orang china menulis kaligrafi dengan kuas.  Penulisannya akan lebih mudah jika dari atas kebawah.

Tulisan Latin dari kiri ke kanan
source: ayuprint.co.id
Menulis huruf latin ini menggunakan pena dengan isi tinta. Gerakan natural bagi orang non kidal saat menulis dengan pena adalah dari kiri ke kanan


Dari penjabaran diatas, diketahui tulisan-tulisan ini dipengaruhi oleh sudut pandang dalam hal pembuatan tulisan kala itu, serta alat-alat yang tersedia pada waktu itu mempengaruhi teknik penulisan yang ada. Teknik penulisan tersebut telah berlangsung lama dan mempunyai pengaruh sampai sekarang. Komputer atau smartphone kita pun mengusung teknik tulisan yang ada diatas. 




Sumber: Kaskus



Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon