Sabtu, 04 Juni 2016

7 Hal Yang Kamu Tidak Tahu dari Galileo Galilei

Loading...


Galileo adalah astronomi sekaligus fisikawan berkebangsaan Italia. Ia merupakan tokoh besar dalam bidang sains, yang telah membuat pandangan dunia berubah. Pada waktu zamannya, orang-orang pecaya bahwasannya pusat dari tata surya ini adalah Bumi.
Semua benda-benda langit mengitari bumi. Sedangkan ia berpandangan bahwasannya matahari adalah pusat tata surya ini, ia menggunakan teleskopnya untuk membuktikan pandangan yang ia anut adalah benar. Dalam perjalanan hidupnya ia termasuk tokoh kontroversi dan ditentang habis-habisan oleh gereja katolik karena pandangan heliosentris yang ia anut. ia dihukum oleh gereja katolik karena tetap mempertahankan pandangannya. Berikut adalah fakta-fakta tentang Galileo

1.Dia putus sekolah
Galileo mempunyai ayah seorang musisi lahir lahir di pisa italia. walaupun ayahnya seorang bangsawan, mereka tidak kaya seperti bangsawan lainnya. Galileo mulai belajar di sebuah biara di dekat Florence dan awalnya ingin menjadi seorang biarawan. Namun ayahnya tidak menyetujui anaknya untuk menjadi seorang agamawan, akhirnya ia dipindahkan dari sekolah tersebut. Ketika umur 16 tahun, Galileo terdaftar di Universitas Pisa untuk belajar kedokteran, karena atas desakan ayahnya. Sebaliknya, ia lebih tertarik pada Matematika dan mengalihkan fokusnya pada matematika tersebut. akhirnya ia meninggalkan sekolahnya  pada tahun 1585 tanpa meraih gelar. Ia melanjutkan studi matematikanya dan mendapatkan uang dengan memberikan les privat sebelum akhirnya ia kembali ke Universitas Pisa pada tahun 1589 untuk mengajar matematika.

2.Galileo bukan penemu teleskop
source: spaceanswer.com

selama ini kita mengira bahwasannya ia menemukan perangkat teleskop, padahal yang menemukan teleskop adalah Hans Lippershey pria berkebangsaan Jerman-Belanda berprofesi sebagai pembuat kacamata.  Namun Galileo adalah orang yang pertama menggunakannya untuk mempelajari sistematika pada langit. Galileo mempelajari alat tersebut dan mengembangkan alat tersebut, terutama masalah peningkatan desain. dimana kemudia dia mengarahkan ke bulan, menemukan bahwasannya permukaaan bulan tidak halus seperti orang-orang yang bayangkan pada waktu itu, tetapi bergunung dan berkawah. Dengan teleskop kepunyaannya ia menemukan ada benda yang mengitari pada planet venus dan jupiter, benda-benda itu bergerak dalam suatu fase(yang mengindikasikan bahwa benda-benda langit yang ada mengelilingi matahari). Dengan temuannya ia menuai pujian dan pada tahun 1610 ia diangkat sebagai kepala matematika dan filsuf di Universitas Pisa.

3. Putrinya seorang biarawati
source: wikipedia.org
Galileo mempunyai tiga anak dengan perempuan yang bernama Marina Gamba, yang ia tidak nikahi. Pada tahun 1613, ia menaruh dua putrinya yang bernama Virginia(Maria Celeste) lahir 1600 dan Livia lahir 1601, di biara dekat Florence, dimana mereka menetap dan menghabiskan sisa hidup mereka, meskipun ayahnya mereka mempunyai masalah dengan gereja katolik. Galileo mempunyai seorang putra juga bernama Vicenczo Gamba yang lahir pada tahun 1606.

4.Galileo dihukum penjara seumur hidup oleh Inkuisisi Roma
source:wikipedia.org
Teori heliosentris Copernicus tentang cara kerja alam semesta menantang keyakinan diterima secara luas pada waktu itu, tetapi  didukung oleh astronom Ptolemy pada abad kedua, yang menempatkan Bumi di pusat tata surya. Pada tahun 1616, Gereja Katolik menyatakan teori Copernicus sesat karena itu dipandang sebagai bertentangan ayat-ayat Alkitab tertentu. Galileo menerima izin dari Gereja untuk terus menyelidiki ide-ide Copernicus. Pada tahun 1632, ia menerbitkan Dialogue Concerning the Two Chief World Systems,   dan meskipun itu disajikan sebagai diskusi antara teman-teman tentang ide-ide dari Ptolemy dan Copernicus, buku itu dilihat sebagai pendukung model alam semesta Copernicus . Akibatnya, tahun berikutnya Galileo diperintahkan untuk diadili sebelum Inkuisisi di Roma. Setelah dinyatakan bersalah menyebarkan paham bid'ah, Galileo dipaksa untuk bertobat secara terbuka dan dihukum penjara seumur hidup.

5. Dia menghabiskan tahun terakhirnya sebagai tahanan rumah
Sebelumnya kehidupannya mendekam di jeruji besi, hukumannya segera diubah menjadi tahanan rumah. Ditahun terakhirnya ia tinggal di Villa Il Gioiello,  rumahnya di kota Arcetri, dekat Florence. ia dilarang melihat teman atau penerbitan buku, walaupun  ia  menerima pengunjung dari seluruh Eropa, termasuk filsuf Thomas Hobbes dan penyair John Milton.

6. Jari tengahnya dipamerkan di museum
source: uniqpost.com
Jari Tengah Galileo, seorang ilmuwan dari abad ke-16 kini dipajang di musium seni Florence History. Jari tengah bapak astronomi modern ini diambil oleh Anton Francesco Gori pada 12 maret 1737, 95 tahun setelah kematian Gallileo. Pada tahun 2009, dua tulang jari lainya, dan gigi milik Galileo ditemukan di sebuah lelang. Anggota tubuh fisikawan ini menghilang pada tahun 1905, dan tidak pernah terlihat selama lebih dari 100 tahun. Sampai akhirnya ditemukan dan kembali ke Museum Sains, untuk bergabung kembali dengan jari tenagh Galileo. Kini jari tengah fisuf asal Italia ini berada dalam sebuah gelas kaca kecil di antara lodestones dan teleskop dalam sebuah museum yang ditujukan sepenuhnya untuk tujuan ilmiah. 
7.Vatikan tidak mengakui Galileo benar sampai tahun 1992
source: rome-roma.net
Pada tahun 1979, Paus Yohanes Paulus II memulai  penyelidikan hukuman  Gereja Katolik untuk Galileo. Tiga belas tahun kemudian, dan 359 tahun setelah Galileo diadili oleh Inkuisisi, Paus secara resmi menutup penyelidikan dan mengeluarkan permintaan maaf resmi dalam kasus ini, mengakui bahwa kesalahan yang dibuat oleh hakim selama persidangan.

sumber: History.com
             Uniqpost.com

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon