Kamis, 16 Juni 2016

10 Fakta Menarik Tentang Gedung Empire State

Loading...

smartdestinations.com

Tanggal 31 Mei 1931, gedung Empire State diresmikan dalam perayaan oleh Presiden Herbert Hoover yang secara simbolis menekan tombol menghidupkan listrik di gedung tersebut. Gedung ini menjadi yang tertinggi di dunia saat itu dan telah menjadi objek banyak film, foto dan karya seni. Berikut ini kami telah menghimpun sepuluh fakta menarik tentang gedung pencakar langit yang menjadi ikon Amerika.

Dibangun Selama Era Perlombaan Gedung Pencakar Langit

amny.com

Di akhir 1920-an, perekonomian New York melejit melebihi sebelumnya, para kontraktor bergerak cepat mendirikan gedung tertinggi di dunia. Perlombaan utama terjadi antara gedung 40 Wall Street’s Bank of Manhattan dan gedung Chrysler. Kedua gedung tersebut berlomba menjadi yang terbaik dengan bersaing secara desain, perlombaan tersebut memanas pada Agustus 1929, ketika pemimpin eksekutif General Motors John J. Raskob dan mantan Gubernur New York Al Smith mengemukakan ide pembangunan gedung Empire State.
Setelah mendengar desain Empire State yang akan dibangun setinggi 1,000 kaki, Chrysler mengubah rencananya untuk terakhir kali dan memasang puncak menara dengan hiasan baja. Dengan penambahan baja tersebut, menara miliknya akan menjadi setinggi 1,048 kaki, namun sayangnya bagi Chrysler, Raskob dan Smith kembali mengubah rancangan gedung Empire State. Ketika selesai dibangun tahun 1931, menara tersebut berdiri setinggi 1,250 kaki di kota Manhattan. Empire State menjadi gedung tertinggi di dunia selama hamper 40 tahun setelah peresmian gedung World Trade Center tahun 1970.

Empire State Dibangun Berdasarkan Model Dua Gedung Sebelumnya

businessinsider.sg

Ketika ia merencanakan pembangunan Empire State tahun 1929, arsitek William Lamb dari firma Shreve, Lamb dan Harmon mengatakan bahwa model gedung tersebut terinspirasi dari gedung Reynold di North Carolina dan Tower Carew di Cincinnati. Kedua gedung tersebut diyakini sebagai pendahulu Empire State. Pada ulang tahun gedung Reynold ke 50 tahun 1979, manajer senior gedung Empire State bahkan mengirim kartu ucapan berisi “selamat ulang tahun, ayah.”

Empire State Memecahkan Rekor Pembangunan

list25.com

Dibalik ukuran dan arsitektur yang megah, pembangunan gedung ini hanya memakan waktu 20 bulan secara penuh. Setelah penghancuran hotel Waldorf-Astoria—gedung sebelumnya di lokasi tersebut—kontraktor Starrett Brothers dan Eken menggunakan system pemasangan garis untuk mendirikan gedung pencakar langit ini dalam 410 hari. Dengan tenaga 3,400 orang setiap hari, mereka memasang rangka gedung dengan rekor empat setengah tingkat per hari—sangat cepat karena 30 tingkat pertama diselesaikan bahkan sebelum detail lantai dasar diselesaikan. Empire State diselesaikan sebelum jadwal dan dengan biaya lebih rendah, namun pembangunannya juga dibayar dengan nyawa karena lima pekerja terbunuh dalam pembangunannya.

Bagian Atas Gedung Sebenarnya Didesain Sebagai Tempat Balon Udara Bersandar

reddit.com

Jika dilihat, desain menara puncak setinggi 200 kaki pada Empire State mungkin terlihat aneh bagi orang awam. Hal ini karena desain awal gedung dirancang untuk memenuhi kebutuhan masa depan, pemilik gedung awalnya membangun tempat naik turun penumpang bagi pesawat balon udara. Desain yang konyol tersebut digunakan pesawat untuk bergerak di sepanjang gedung dan menaikturunkan penumpang. Penumpang dapat keluar dari geladak pesawat terbuka, masuk dari gedung utama dan menuju jalan Manhattan dalam tujuh menit. Meskipun awalnya mereka sangat antusias dengan proyek tersebut, angin yang berembus kencang di puncak gedung membuatnya mustahil dilakukan. Upaya terdekat untuk “mendarat” terjadi pada September 1931, ketika pesawat balon kecil bersandar di puncak gedung selama beberapa menit. Dua minggu setelahnya, berita tersebut disebarluaskan dalam koran yang dijatuhkan dari puncak gedung, namun rencana pendaratan pesawat tidak lagi dilakukan setelahnya.

Empire State Mengalami Krisis Keuangan

kevincmurphy.com

Gedung Empire State yang dibangun sebagai kawasan kantor-kantor besar perusahaan mengalami kesulitan keuangan mulai tahun 1929 karena krisis pasar saham dalam era Depresi Besar/ Great Depression. Setidaknya kurang dari 25 persen bangunan dibeli atau pun disewakan sejak pembukaannya tahun 1931, bahkan gedung ini dijuluki “Empty State Buliding.” Berbagai upaya dilakukan, mulai dari promosi besar-besaran hingga cara aneh yakni memanggil arwah Thomas Alfa Edison dari lantai 82, namun upaya tersebut kurang berhasil menarik minat hingga tahun 1930-an. Para pekerja bahkan diperintahkan menyalakan lampu di lantai-lantai yang kosong sebagai cara agar gedung tersebut terlihat banyak ditempati. Barulah setelah Perang Dunia II Empire State mulai terisi banyak kantor dan menjadi lading bisnis yang menjanjikan.

Pesawat Bomber B-25 Menabrak Empire State Tahun 1945.

hallieephron.com

Pagi itu, 28 Juli 1945, ketika pesawat militer B-25 melintasi gedung Empire State dengan tujuan Bandara Guardia di Los Angeles, Letnan Kolonel William F. Smith mengalami kesulitan pengelihatan dalam penerbangan karena kabut yang teval dan terombang-ambing di langit Manhattan. Pilot Veteran ini berupaya menghindari beberapa gedung pencaar langit, namun usahanya gagal karena pesawatnya yang berkecepatan 200 mil per jam menabrak lantai 78 dan 79 Empire State. Tabrakan ini menghancurkan seisi ruangan. Smith dan dua awak lainnya tewas dan juga sekitar 11 orang di dalam gedung tersebut. Kebakaran juga menghanguskan kedua lantai tersebut dan menjadi kebakaran tertinggi dalam sejarah New York.
Seorang Wanita Selamat dalam Lift yang Terjun dari Lantai 75
findagrave.com

Ketika pesawat B-25 menabrak gedung tersebut, serpihannya menghancurkan mesin elevator gedung. Ternyata di dalamnya berisi seorang teknisi elevator berumur 19 tahun, Betty Oliver. Elevator tersebut meluncur dari lantai 75 dan dengan cepat menabrak ke lantai dasar. Untungnya gadis muda tersebut selamat meski mengalami luka di leher dan tulang belakang.

Sempat Terdapat Ide Menambahkan 11 Tingkat di Gedung Empire State Building.




Tidak lama setelah gedung World Trade Center berdiri di awal 1970-an, arsitek bernama Lamb dan Harmon mengemukakan ide menambahkan tinggi Empire State agar tetap menjadi gedung tertinggi di dunia. Rencana tersebut berisi penghancuran 16 lantai gedung dan menggantinya dengan tambahan tingkat untuk menambahkan jumlah lantai menjadi 113 dengan tinggi 1495 kaki. Jika rencana tersebut dilakukan, renovasi tersebut akan membuat Empire State lebih tinggi dari World Trade Center dan the Sears Tower, namun ide tersebut dengan cepat ditolak karena masalah biaya dan khawatir menghilangkan ciri khas gedung ini.

Beberapa Orang Nekat Terjun dari Puncak Empire State

jplaffont.photoshelter.com

Bulan April 1986, dua orang asal Inggris yakni Alistair Boyd dan Michael McCarthy berencana melakukan terjun payung dari lantai 86 Empire State. Mereka berdua terjun dengan selamat dari ketinggian 1000 kaki, namun McCarthy tertangkap polisi. Mereka berdua didakwa dengan hukuman tindakan ceroboh dan terjun payung illegal. Dua belas tahun kemudian, Thor Alex mencoba terjun dari gesung tersebut. Beberapa hari kemudian, ia juga terjun dari gedung Chrysler, namun ia tertangkap dalam usahanya terjun dari gedung World Trade Center.

Balon Raksasa King Kong Dipasang di Empire State dalam Perayaan 50 tahun Film Kong Kong

gettyimages.fr


Meskipun lebih dari 90 film menampilkan gedung Empire State, tidak ada yang lebih terkenal dari film King Kong tahun 1933, dimana pada bagian akhir film terdapat adegan kera raksasa yang memanjat Empire State dengan pesawat penghalau. Film aslinya mengambil tempat di studio, namun dalam perayaan 50 tahun film King Kong dipasanglah sebuah balon raksasa berbentuk King Kong. Sayangnya, balon seharga $150,000 tidak berhasil dipasang dengan mulus. Balon setinggi 84 kaki tersangkut ketika dipompa dan menghancurkan rencana perayaan tersebut. Balon tersebut akhirnya berhasil dipompa, namun hanya terpasang dalam waktu singkat sebelum kerusakan lain menggagalkan rencana mereka sekali lagi.



disadur dengan pengubahan dari laman

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon