Senin, 23 Mei 2016

Jurusan Kuliah Minim Peminat dengan Prosepek Kerja Menjanjikan

Tags

Banyak diantara kita yang selalu mengejar jurusan-jurusan favorit yang berada di PTN ataupun di PTS, Namun anda jangan terlalu fokus pada jurusan favorit saja. Selama ini terlalu banyak Universitas membuka jurusan favorit seperti ekonomi, hukum, akutansi, dll.
tapi jarang sekali diantara mereka memperhatikan lulusannya. Makannya bukannya mereka bekerja malah menjadi pengangguran semata walaupun mereka lulus dari jurusan favorit. Sering kita memandang remeh jurusan tertentu. Bahwasannya jurusan itu tidak berprospek sama sekali. Namun siapa sangka justru jurusan yang jarang diminati tersebut ternyata dibutuhkan oleh lembaga pemerintahan, penelitian, ataupun perusahaan-perusahaan yang ada.

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan
source: okezone.com

Di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) dan terkadang di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mungkin agan pernah menemukan Jurusan Ilmu Perpustakaan. Apa yang terlintas dipikiran anda ? Apa kumpulan manusia rendah yang kemana-mana selalu berkacama tebal dan membawa buku banyak-banyak ? Atau malah terlintas sesosok manusia pengecut yang kerjanya cuma nyusun-nyusun buku melulu ? Ya, memang begitulah pekerjaan di perpustakaan. Tapi itu dulu. Ilmu Perpustakaan saat ini adalah salah satu jurusan paling eksis. Mata Kuliah yang mereka dapatkan terdifrensiasi, dari manajmen, bahasa, psikologi, Pengantar teknologi, dll. Ini membuat mereka tampil sebagai manusia serba bisa. Apalagi sekarang banyak dibutuhkan jasa pengarsipan, Pendokumentasian, dll. Banyak Lulusan JIP bekerja sebagai Pengarsip di lembaga pemerintah, ataupun swasta. Jadi Jangan Pandang remeh anak Perpustakaan. 
Universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Perpustakaan antara lain UI, UNDIP, UGM. UNAIR, UNS, UNPAD, UIN, UT. 

2.Jurusan Teknik Perkapalan
source: unhas.ac.id

Teknik mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri. Yah mereka semua merupakan jurusan populer dalam rumpun fakultas teknik. namun tahukan anda bahwasannya ada jurusan yang menjanjikan dalam rumpun teknik? Yaitu jurusan Teknk Perkapalan. Program Studi Teknik Perkapalan menitik beratkan pendidikannya pada bidang Perancangan Kapal, Proses Produksi Kapal, Kegiatan Perbaikan Kapal, Instalasi Permesinan Kapal dan Peraturan-peraturan Kemaritiman serta memberikan pengetahuan dasar dan manajemen pengelolaan galangan kapal. Lulusan program studi teknik perkapalan telah mengabdikan dirinya pada berbagai bidang seperti: industri maritim, birokrasi pemerintahan, lembaga penelitian, industri rekayasa, industri otomotif, industri perkapalan minyak bumi dan gas, industri mesin-mesin berat, institusi pendidikan dan industri lainnya baik di dalam maupun luar negeri.
Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Perkapalan antara lain UI, UNDIP, ITS, PPNS dan UPN "VETERAN" JAKARTA.

3.Sastra Jawa
source: okezone.com

Kalau kamu pikir sastra hanya seperti belajar di lembaga bimbel itu salah besar, Jurusan sastra tidak semata-mata kamu diajarkan bahasa-bahasa yang harus kamu kuasai. Pada program studi Jawa ini mata kuliah yang disampaikan bukan hanya terkait kemampuan bahasanya, namun juga mengenai aspek sastra dan budaya masyarakat pemakai bahasa tersebut, serta pengetahuan pendukung lainnya. Lulusannya dapat bekerja di sejumlah sektor seperti Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar, pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya. Untuk pendukung pengajaran, terdapat fasilitas berupa Laboratorium Fonetik,  Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi, dan Laboratorium Bahasa.
Universitas yang menyediakan jurusan Sastra Jawa : UI, UNS, UNNES, UGM, UNPAD.

4.Jurusan Arkeologi
source: antaranews.com

Bagi saya sendiri ini jurusan yang paling menarik dan termasuk langka. Saya termasuk orang yang takjub akan penelitian yang dilakukan oleh orang-orang Arkeologi. Kebetulan saya tadi melihat pameran artefak lampau yang diadakan oleh anak Arkeologi, dan itu terlihat hebat bagi saya. Bagi kamu yang menyukai fosil, artefak, ataupun benda-benda kuno ada baiknya kamu kuliah disini. Pada Program Studi Arkeologi, mahasiswa antara lain mendapat mata kuliah Kepurbakalaan Indonesia, Metode Penelitian Arkeologi (termasuk teknik-teknik ekskavasi situs purbakala), epigrafi dan penafsiran prasasti, prasejarah, museologi, dan ilmu-ilmu pendukung lainnya.  Lulusan Arkeologi umumnya bekerja di lembaga pemerintahan yang menangani bidang sejarah dan purbakala (pusat dan daerah), museum, sektor pariwisata, dan media massa.
Universitas yang menyediakan jurusan Arkeologi: UI dan UGM

5.Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kalau di UI sendiri ini termasuk jurusan baru. Buat kamu yang pengen masuk UI bisa dijajal nih jurusan ini, belum terlalu banyak peminatnya. jurusan ini dibuat dengan latar belakang Jaminan dan kesehatan kerja wajib dipenuhi agar dapat menjamin produktivitas  dan kesehatan pekerja dan  kelestarian lingkungan,Bidang K3 tidak hanya ada pada bidang kesehatan saja,tapi hampir setiap industri di segala bidang memerlukan seorang ahli  K3 baik di bidang manufaktur,informatika,pariwisata dan masih banyak lagi.  
Universitas yang menyediakan jurusan K3: UI, UIN, UNJ, UPN JKT, UNDIP, UNS, UNNES




Artikel Terkait

Show comments
Hide comments

3 komentar

di blog lain aku baca kalau ambil ilmu perpustakaan bakln jadi pengangguran. yang benar yg mna

kamu pinter pun semua orang butuh kamu. kuliah itu jgn liat prospek juga, cari ilmu.

maaf mau nambahin kalo kuliah yang menyediakan Jurusan Arkeologi,Universitas Udaya (Bali) juga menyediakan


EmoticonEmoticon