Rabu, 18 Mei 2016

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMILIH JURUSAN DAN PERGURUAN TINGGI

Tags
Loading...



Memilih jurusan itu bukan seperti mencari hadiah/uang dalam snack. Sama halnya dengan memilih Perguruan Tinggi kita tidak bisa memakai cara mencari hadiah dalam snack. SNMPTN sudah lewat dan SBMPTN, serta tes mandiri lainnya segera tiba. Banyak diantara kita yang masih galau akan jurusan dan Perguruan Tinggi yang mau dipilih. bahkan tidak sedikit anak-anak siswa SMA mengikuti tes bakat untuk menentukan dimana bakat mereka,
dimana mereka cocok kuliah. mereka mulai mencari informasi sana-sini tentang Perguruan Tinggi yang mereka inginkan. Tulisan dibawah ini saya ambil dari kaskus dan saya edit sedikit. Yah ini hanya sekedar saran belaka. Mungkin saja saran ini berguna buat kalian

1. Prioritaskan untuk Memilih Jurusan daripada Universitas
Mengapa demikian? Karena sejatinya Jurusan adalah hal yang berkaitan dengan ilmu yang ingin anda dapatkan dan juga prospek di masa depan. Jurusan merupakan hal yang lebih penting karena nantinya anda akan mempelajari sebuah ilmu berdasarkan minat dan passion, bukan berdasarkan perguruan tinggi mana yang anda pilih walaupun mungkin perguruan tinggi yang anda pilih nantinya juga akan berpengaruh atas sistem pembelajarannya. Tidak peduli anda kuliahnya dimana, asalkan anda memang memilih sesuai dengan passion, nantinya anda tidak akan menyesali pilihan tersebut. Percuma saja belajar di Univ terkenal jika jurusan itu sebenarnya tidak diinginkan oleh anda.  

Masalah perkuliahan ini bukan hanya masalah tiga atau empat tahun saja, tapi ini masalah empat tahun anda kuliah dan sisa kehidupan anda setelah itu. Memang sih tidak semua orang akhirnya bekerja dan menjalani sisa hidupnya setelah perkuliahan sesuai dengan jurusannya ketika kuliah, tapi apakah tidak mubazir setelah empat tahun capek-capek kuliah akhirnya yang kita pakai hanya ijazahnya saja tanpa ilmunya?

2. Jujur pada Diri Sendiri dan Dengarkan Suara Hati
source:indonesiaone.com
Kalau menurut saya ini hal paling berat, dan erat kaitannya dengan hal yang pertama. Sering kali anda yang baru lulus SMA Latah. Berkaitan dengan masalah pilihan, pilihlah dari dalam hati ya anda. Jangan memilih jurusan hanya karena asas paksaan dan ikut-ikutan. Suara hati adalah suatu hal yang penting dalam memilih, karena suara hatilah yang menyuarakan apa yang sebenarnya anda inginkan. Banyak kasus orang yang memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan orang lain dan kadang beberapa memilih karena paksaan orang tua. Orang tua cendrung anaknya kuliah di jurusan tertentu padahal belum tentu anak-anaknya bisa menjalankan perkuliahan. ada teman saya yang dipaksakan sekali oleh orang tuanya menjadi arsitek. namun saya tau teman saya tidak bisa menggambar sama sekali. yang terjadi akhirnya anak itu hanya bertahan selama dua semester kuliah. akhirnya dengan memaksa orang tua, ia pindah jurusan keminat yang ia inginkan dan ia ingin tekuni. 

Ayolah, orang yang akan menjalani perkuliahan ini adalah anda sendiri, bukan orang tua anda. Jadi untuk hal ini anda harus tutup telinga dan segera mantapkan pilihan. Masalah orang tua, anda memang tidak bisa begitu saja mengabaikan pendapat mereka tapi jika anda memang sudah yakin dengan pilihannya, maka juragan harus mau memperjuangkan dan meyakinkan hati orang tua untuk memberikan restu atas pilihan anda.

Ketika anda bisa meyakinkan orang tua bahwa jurusan yang anda pilih adalah jurusan yang benar-benar anda inginkan dan tentunya yang terbaik bagi diri anda, maka hati orang tua kalian pasti akan luluh dan insya allah mereka akan memberikan restunya untuk kalian. Setelah itu, berjanjilah untuk membuktikan pada mereka bahwa anda tidak salah memilih dan tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah diberikan oleh orangtua kalian. 

Dan sedikit tips  untuk anda yang ingin memperjuangkan restu dari orang tua kalian adalah dengan menerapkan waktu yang tepat untuk membicarakan topik tersebut. Jangan sampai membicarakan topik yang sensitif tersebut diwaktu yang tidak tepat. Semisal waktu akhir bulan, orang tua sedang susah-susahnya untuk urusan keuangan, nah disitu malah anda mulai mebicarakan topik tersebut. Bukan restu yang didapat, malah mungkin makian yang akan diterima. Cobalah untuk menemukan waktu yang baik dalam menyampaikan suara hati anda kepada orang tua kalian.


3. Manfaatkan Sebaik Mungkin Internet untuk Gali Informasi Tentang Berbagai Macam Jurusan.
source: lutviandi.com
ini penting bagi anda, jangan sampai kalian hanya terpatok pada jurusan-jurusan yang sedang naik daun saja. Rajin-rajinlah untuk googling, karena mbah google lebih banyak tahu daripada mbah dukun di kampungmu. Tapi bukan berarti anda harus berpatokan dan menyerahkan semuanya pada google juga loh, tapi intinya anda harus rajin-rajin mencari informasi tentang dunia perkuliahan tersebut. 

Sampai sekarang kebanyakan orang suka terjebak pada jurusan yang sedang naik daun dan yang selalu mendapat predikat jurusan populer, seperti kedokteran, teknik, hukum, atau ekonomi. Sedangkan saat ini banyak jurusan-jurusan lain yang juga mempunyai peluang yang menjanjikan untuk di masa depan dan mungkin sesuai dengan passion kalian. walaupun sebenarnya masalah jurusan ini lebih baik mengikuti hati anda, masalah pekerjaan itu hal yang bisa diatur. Dizaman sekarang ini hal yang paling dipentingkan adalah kemampuan anda dalam belajar tidak semata-mata jurusan. Jika anda berilmu dan mempunyai integritas diri maka masalah pekerjaan itu hal yang mudah, dan orang-orang pasti mencari anda. bukan anda mencari mereka

4. Barulah Pilih Universitas yang Bagus dalam Jurusan yang Kalian Pilih
Jurusan yang anda minati sudah dikantungi, barulah saatnya bagi kalian untuk memilih perguruan tinggi mana yang punya track record bagus untuk jurusan-jurusan tersebut. Setelah mantap dengan jurusan, cobalah cari-cari informasi tentang perguruan tinggi yang terbaik untuk jurusan itu. Hal ini dapat anda lakukan dengan googling atau sekedar bertannya kepada senior-senior kalian yang sudah lebih dulu menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Selain masalah sistem pendidikan di perguruan tingginya, jangan lupa juga untuk mencari informasi atau menanyakan tentang bagaimana kehidupan atau lingkungan di daerah tempat peguruan tinggi tersebut. Karena lingkungan dan suasana kampus sedikit banyak akan mempengaruhi kenyamanan kalian selama hidup menjadi mahasiswa di sana. Selain itu lingkungan kampus akan mempengaruhi pola pikir anda. tidak mungkin setiap kampus mempunyai pola pikir yang sama dengan kampus lainnya. Ingat lingkungan membentuk kepribadian seseorang.  Ketika anda nyaman dengan suatu lingkungan maka hal itu juga akan membantu kalian untuk nyaman dalam menempuh studi.


5. Terus latih dan Ukur Kemampuan agar Lolos Seleksi
Jangan lupa berlatih itu penting sekali, anda menginginkan sesuatu yang besar maka anda harus mempunya usaha yang besar pula. Jika anda menginginkan Univ besar dan jurusan terkenal maka anda harus berusaha total untuk mendapatkannya.  Latihan ini bisa anda lakukan dengan mengikuti try out  SBMPTN yang sering diadakan oleh lembaga-lembaga bimbel. dengan try  out anda bisa menyusaiakan kemampuan anda, apakah anda cocok kuliah di univ tersebut? apakah nilai anda sudah mencukupi untuk masuk dijurusan tersebut.  try out ini juga bisa jadi acang mengaca diri akan pilihan univ dan jurusan anda. jangan terlalu memaksakan jika anda tidak bisa memasuki univ dan jurusan tersebut. ingat univ di Indonesia itu banyak. jadi jangan sekali kali terlalu berpatok oleh pilihan yang tidak realistis. bukan bermaksud mematahkan semangat anda, tetapi mengajak anda berpikir realistis. 

6. Berdoa kepada Tuhan agar Dimudahkan
source: detik.com
Setelah prosedur diatas telah kalian lakukan dengan baik. Hal yang terpenting dari itu semua adalah anda harus berserah diri kepada Tuhan. Berdoa agar anda diberikan kemudahan untuk dapat diterima di jurusan yang sudah diperjuangkan sebelumnya. Jika masih juga belum tercapai nantinya, percayalah Tuhan memiliki rencana yang lebih baik dari yang kalian pikir. Apa yang menurut kalian baik belum tentu menurut Tuhan demikian. Begitu juga sebaliknya.

Sumber: Kaskus


Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon