Selasa, 24 Mei 2016

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam SBMPTN

Tags

SBMPTN akan segera tiba, banyak diantara kalian mulai deg-degkan. entah belum siap secara materi tes yang diujikan, entah merasa gugup, atau malah takut menjalani tes SBMPTN karena sudah merasa yakin tidak keterima dan gagal.
Siap tidak siap anda harus siap menjalani tes tersebut, karena diri anda sudah berkomitmen untuk mengikuti tes tersebut. Oke lantas bagaimana dan apa saja yang perlu disiapkan dalam menghadapi tes nanti?

1. Mental

Kenapa ini penting? Sekalipun anda pintar namun mempunyai mental yang lemah dan gampang putus asa, anda tidak akan mungkin memenangkan pertempuran apa pun. termasuk SBMPTN ini. SBMPTN adalah medan pertempuran anda semua. Mental adalah salah satu yang membedakan antara pemenang dan pecundang. tentu saja pecundang mempunyai mental yang berbeda. Orang yang Mentalnya kuat bukan berarti mereka selalu menang, melainkan mereka siap dan percaya dalam menghadapi apapun, sekalipun hasilnya tidak sesuai ekspertasi.Orang yang bermental baja tentunya tidak akan mudah menyerah dan selalu berpikir positif. Karena berpikir positif membuat segalanya lebih mudah untuk dijalankan

2.Kesehatan
source: kampusupdate.com

Ini merupakan sesuatu yang amat berharga yang Tuhan berikan kepada kita semiua. Kesehatan amat diperlukan dalam menghadapi SBMPTN tahun ini. Kondisi kesehatan yang buruk membuat anda sulit bergerak dan berpikir. padahal dalam menghadapi SBMPTN dibutuhkan tubuh  yang sehart. Dalam menjaga kesehatan ini anda tidak usah memaksakan tubuh anda belajar terus menerus selama seminggu sebelum SBMPTN. Anda seharusnya sudah belajar jauh-jauh hari dalam menghadapi SBMPTN, Usahakan selama seminggu ini tidak usah begadang. itu bisa membuat anda sakit.ada baiknhya anda selama seminggu ini relaks saja, tidak usah terlalu memaksa dalam segala sesuatu. Makanlah secara teratur. Usahakan anda juga meminum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anda.

3.Persiapkan apa yang diperlukan
source: quipper.com

Yah tentu saja anda sudah tau apa yang diwajib dibawa. Pertama tentu anda membawa kartu peserta, Surat keterangn Lulus dari sekolah, serta alat-alat tulis. Jangan sekali-kali anda menggunakan produk ujian palsu dan abal-abal. Produk palsu tidak akan terbaca pada mesin pemindai lembar jawaban. sekalipun jawaban anda benar, namun anda memakai produk palsu maka kemungkinan besar anda tidak lulus. bermodalah sedikit dengan menggunakan produk asli, jika tidak bisa pinjam pada teman anda.  Usahakan anda menyiapkan hal-hal ini atau tambahan lainnya ketika malam hari bukan pada pagi hari menjelang anda berangkat ke lokasi.  Cek kembali pada pagi hari apakah masih ada perlengkapan yang belum dibawa.

4.Datang tepat waktu
source: santri.net

Ini wajib anda lakukan. Jangan sampai anda telat datang ketempat lokasi ujian anda. Jika terlambat ini jelas menggangu anda dalam mengikuti ujian. Secara tidak langsung waktu anda juga berkurang dalam mengerjakan soal jika datang terlambat. Anda tentunya juga akan gugup dalam menghadapi ujian ketika anda datang terlambat. Ada baiknya anda perlu melakukan survei lokasi  ujian anda, apa lagi lokasi itu jauh dari tempat tinggal anda.


Itulah hal-hal yang anda perlu perhatikan dalam menghadapi SBMPTN nanti, semoga tulisan ini membawa menfaat pada kalian. Sukses yah SBMPTN tahun ini. Semoga kalian bisa mencapai PTN yang diinginkan.


Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon