Sabtu, 21 Mei 2016

Boedi Oetomo : Part I - Awal Berdiri Boedi Oetomo (Dijelaskan dengan Gambar)

Loading...

Kongres pertama Budi Utomo di Yogyakarta. Sumber
Akhir 1907, Wahidin Soedirohusodo, seorang alumnus Stovia sekaligus dokter Jawa datang ke Stovia dan berkesempatan untuk berceramah di sana. Sebenernya si Wahidin ini gak ada niat buat ngisi ceramah di Stovia, niatnya dia hanya istirahat sebentar di Betawi. Tapi tiba-tiba dia diundang oleh Soeradji dan Soetomo, siswa Stovia, untuk memberikan ceramah mengenai pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan.

Akhirnya Wahidin setuju untuk mengisi ceramah di Stovia, karena menurutnya ini adalah 'Kapan Lagi' moment. Ia gunakan momen ini sebaik mungkin. Dalam ceramahnya ia menekankan pentingnya semangat untuk berorganisasi, karena dengan berorganisasi sesuatu yang kecil bisa menjadi raksasa jika bersatu. Dan perlu diketahui juga, Wahidin ini udah keliling Jawa buat ngajak para bupati, priyayi dan petinggi lainnya hanya untuk ngajak bikin organisasi. Hasilnya nihil, para petinggi Jawa menolak membuat organisasi, karena kedudukan mereka sudah enak, mereka gak berani berbuat macem-macem yang bisa menurunkan kedudukannya. 

Kata-kata yang keluar dari mulut Wahidin tidak sia-sia. Pada 20 Mei 1908, Sebagian siswa Stovia tergerak hatinya oleh ceramah Dokter Wahidin. Para siswa tersebut membuat sebuah organisasi yang bernama Budi Utomo. Cita-cita Dokter Wahidin sudah tercapai, sebuah organisasi nasional sudah terbentuk di bumi Jawa. Bayangkan, Dokter Wahidin yang sudah berkeliling Jawa untuk meyakinkan para petinggi jawa, tidak berhasil mendirikan organisasi. Dan kali ini, ia hanya berdiri di hadapan para pemuda sambil mengisi ceramah, dan Ya, cita-citanya sudah berhasil terlaksana. Ini membuktikan bahwa pemuda saat itu mempunyai pemikiran yang progresif dan lebih berani dari pada golongan tua seperti bupati dsb.



Gambar

Tidak hanya 1x, Dokter Wahidin ditolak berkali-kali, loh!







Setengah tahun berselang, akhirnya sebuah organisasi terbentuk di Jawa.



Referensi :
Historia.id - Gagasan Awal Pendirian Budi Utomo

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon