Senin, 30 Mei 2016

11 Inovasi yang Mengubah Dunia

Loading...


 
en.wikipedia.org

Bagaimana pun perkembangan manusia-mulai dari penemuan api hingga penerbangan ke luar angkasa-penemuan tersebut pasti menjadi factor yang mempercepat kemajuan peradaban manusia. Terobosan perkembangan tersebut beragam, mulai dari perubahan mendasar yang berpengaruh luas ataupun perubahan sederhana dalam kehidupan manusia. Berikut ini adalah 11 inovasi yang mengubah wajah sejarah peradaban umat manusia.


Penemuan Mesin Cetak


hrc.utexas.edu



Sama halnya seperti internet, penemuan mesin cetak buatan Johannes Gutenberg berperan besar menyebarkanluaskan kebebasan pengetahuan ke dunia. Dikembangkan tahun 1440 di kota Mainz, Jerman, mesin ciptaan Gutenberg menyempurnakan system cetak sebelumnya yang telah ada melalui penggunaan cetakan yang memungkinkan produksi massal tulisan. Setidaknya mesin cetak ini dapat mengkopi sejumlah 3,600 lembar kertas per hari. Tahun 1500 lebih dari 1,000 mesin cetak Gutenberg yang beroperasi di Eropa dan pada tahun 1600 telah dicetak 200 juta buku baru. 

Mesin cetak ini tidak hanya menekan ongkos produksi buku menjadi murah, namun juga membantu perkembangan era keemasan pengetahuan eropa dengan menyebarluaskan gagasan dan tulisan. Tahun 1518, pengikut pendeta Martin Luther menggunakan mesin tersebut untuk menyebarluaskan  “Sembilan Puluh Lima Dalil” yang memegang andil besar dalam reformasi Protestan dan  “Perang Tiga Puluh Tahun” (1618-1648). Mesin cetak ini menjadi alat penyebarluasan bukti yang massif dalam menjalankan revolusi, pergerakan keagamaan dan pemikiran ilmiah, seperti kata Mark Twain yang berujar : apa pun kondisi dunia hai ini, baik maupun buruk, berkat usaha Gutenberg.”


Kompas

etc.usf.edu


Kompas magnetik mungkin sudah using dan digantikan oleh satelit digital dan GPS , namun dampak kompas dalam ilmu navigasi kuno dan penjelajahan dunia tidak bisa ditawar lagi. Kompas sebenarnya ditemukan di China dan di abad ke-14 konpas tealah menggantukan perhitungan astronomi serta menjadi komponen utama pelaut. Kompas menyediakan arah yang bisa diandalkan dalam penjelajahan samudera, menyebabkan adanya Era Penemuan dan juga menyalakan api revolsui industry.


Mata Uang Kertas

chinawhisper.com


Dalam sejarah manusia, uang terdiri dalam bentuk logam mulia, koin dan bahkan hewan ternak dan hasil bumi. Penggunaan uang secara besar-besaraan saat ini ternyata berakar dari negeri tirai bambu. Uang kertas digunakan di China di abad ke-9 dan baru muncul di eropa akhir 1600-an. Diawali dari kelangkaan koin,bank mencetak kertas sebagai bentuk lain pembayaran. Di akhir abad ke-19 banyak negara yang mulai menggunakan uang dalam kehidupan masyarakat. Masa sulit pemerintahan seperti dalam Perang Sipil di Amerika menyebabkan penggunaan uang kertas yang besar dan mengubah wajah perekonomian. Bahkan penggunaan uang kertas ini menjadi gerbang ilmu perekonomian modern, system kredit dan perbankan dunia.

Baja





Mesipun peradaban kuno manusia menggunakan batu, perunggu dan besi, hanyalah baja yang memenuhi kebutuhan Revolusi Industri dan membangun kota-kota modern. Bukti tersebut ditemukan 4,000 tahun lalu, namun baja tidak diproduksi massal sebelum ditemukannya Proses Bessemer yang memungkinkan baja cukup kuat dipakai dalam bangunan besar seperti jembatan dan bangunan tahun 1850-an. Baja melesat menjadi industry terbesar di dunia dan membuat banyak hal seperti jembata, gefung pencakar langit dan mesin-mesin. Bahan inilah yang bertanggungjawab membuat Amerika menjadi negara adidaya saat ini.

Lampu Bohlam

stoppingatthegreenlight.wordpress.com


Meskipun sepele, penemuan pencahayaan buatan ini mengubah dunia. Diawali penemuan awal abad ke-19 yang dikembangkan Humhry Davy berupa lampu karbon, lampu bohlam dikembangkan dari tangan dingin Warren de la Rue, Joseph Wilson Swan and Thomas Alva Edison. Adalah Edison dan Swan yang mematenkan bohlam tahun 1879 dan 1880, membuat masyarakat tidak lagi bergantung hanya dengan cahaya matahari. Lampu ini dapat menerangi rumah, jalanan dan mobil. Pengerjaan yang kompleks membuahkan hasil penemuan benda tersebut yang merangsang tumbuhnya jaringan pelayanan listrik.

Domestikasi Kuda

dailymail.co.uk

Sejak domestikasi binatang ini 5,500 tahun lalu, kuda telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Mereka membuat manusia menjelajah dalam jarak jauh dan memungkinkan pertukaran budaya, ide dan teknologi. Stamina dan kekuatan yang besar juga memungkinkan kuda membawa barang dalam jumlah besar, menggarap lahan dan bahkan membuka lahan baru. Mungkin hal yang paling berpengaruh adalah dalam cara manusia berperang. Tidak ada yang lebih ditakuti selain kesatria berkuda dan penggunaannya dalam setiap penaklukan wilayah.


Transistor

en.wikipedia.org


Berawal dari hal yang tidak dihargai, transistor merupakan komponen utama dalam setiap perangkat elektronik. Benda yang pertama kali dikembangkan tahun 1947 oleh Laboratotium Bell berupa alat semikonduktor kecil yang mengontrol arus listrik alat elektronik melalui papan sirkuit. Berawal dari penggunaannya dalam radio, transistor telah menjadi sebuah elemen penting dalam berbagai alat elektronik seperti televise, telepon genggam dan computer. Pertumbuhan alat dengan transistor bertambah dua kali lipat setiap tahunnya—fenomena yang dikenal sebagai hukum Moore—hal yang luar biasa dalam perkembangan teknologi.


Kaca Pembesar

pinterest.com

Kaca pembesar mungkin kelihatannya kurang berarti bagi kita, namun benda tersebut membuat manusia dapat melihat banyak hal seperti bintang, galaksi hingga system kinerja sel. Lensa pertama kali digunakan di abad ke-13 masehi sebagai alat bantu pengelihatan dan mikroskop pertama ditemukan di akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17 Masehi. Tokoh seperti Robert Hook dan Anton van Leeuwenhoek menggunakan teleskop untuk penelitian awal tentang sel dan partikel lainnya, sementara Galileo Galilei serta Johannes Kepler menggunakan teleskop untuk menentukan posisi bumid dalam tata surya. Penggunaan awal ini merupakan fondasi pengembangan alat-alat luar biasa seperti miksroskop electron dan Teleskop Luar Angkasa Hubble. Kaca pembesar juga membawa terobosan besar dalam bidang astronomi, biologi, arkeologi, optometri dan pembedahan.

Telegraf



Telegraf merupakan saran komunikasi pertama yang memberi kemudahan dan nenek moyang radio, telepon dan email. Diawali dari penemuan di abad ke-18 dan ke-19 masehi, telegraf menggunakan kode Morse yang terkenal untuk mengirim pesan menggunakan kode alur sinyal kabel. Komunikasi telegraf berkembang selama 1850-an dan tahun 1902 kabel antarsamudera telah mengeliligi bumi. Telegraf dan berbagai penerusnya merupakan penemuan besar dalam ranah telekomunikasi dunia. Kemampuan mengirim pesan dengan cepat melintasi jarak jaug membuatnya menjadi tumpuan pemerintah, perdagangan, perbankan, industry, peperangan, berita dan menjadi landasan era telekomunikasi massal seperti sekarang.


Antibiotik

topbritishinnovations.org

Sebagai buah kemajuan besar dalam bidang pengobatan, antibiotic telah menyelamatkan jutaan manusia dengan membunuh dan mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya. Ilmuan seperti Louis Pasteur dan Joseph Lister merupakan orang pertama yang memahami cara melawan bakteri, namun Alexander Flemming merupakan orang yang menemukan penisilin secara tidak sengaja.

Penemuan Penisilin tahun 1928 membuat penggunaannya tersebar luas selama abad ke-20 Masehi. Terlebih lagi penggunaan yang lebih besar dalam medan perang, faktanya hampir 20 persen tentara yang tewas terkena bakteri pneumonia dalam Perang Dunia I, bandingkan dengan Perang Dunia II yang hanya memakan 1 persen korban. Antibiotic seperti penicillin, vancomycin, cephalosporin dan streptomycin telah digunakan dalam pengobatan berbagai infeksi, termasuk influenza , malaria, meningitis, tuberkolosis dan banyak penyakit kelamin menular.

Mesin Uap

historyrundown.com

Mobil, kereta, pesawat, pabrik, semuanya menggunakan dasar mesin yang sama yakni mesin uap. Penggunaannya pertama kali diterapkan dalam mesin tahun 1698 ketika Thomas Savery mengembangkan sebuah mesin pompa bertenaga uap  Mesin uap kemudian disempurnakan tahun 1700 oleh James Watt dan menjadi salah satu penemuan terbesar dalam Revolusi Industri. Selama abad ke-19 sistem pembakaran yang baru memungkinkan pengembangan transportasi, pertanian dan pabrik dan juga memotori pertumbuhan negara adidaya semacam Inggris dan Amerika Serikat. Hal pterpenting adalah dasar mekanisme mesin uap inilah yang menjadi fondasi inovasi berikutnya seperti mesin jet dan pesawat terbang yang mewarnai perkembangan transportasi dunia.



disadur dengan pengubahan dari laman

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon