Sabtu, 30 April 2016

Mengingat 71 Tahun Kematian Adolf Hitler

Loading...



Hari ini, 71 tahun lalu Adolf Hitler bunuh diri di dalam sebuah bunker di Berlin, ia bunuh diri dengan menenggak sebutir pil sianida serta menembak dirinya sendiri. Kabar ini pun merebak dan akhirnya membuat Jerman menyerah tanpa syarat kepada pasukan sekutu.

Semenjak 1943, kedudukan Jerman dalam Perang Dunia II semakin terdesak oleh pasukan sekutu. Bulan Februari 1943 merupakan saat dimana pasukan Jerman merangsek masuk menuju Soviet serta dipukul mundur dalam pertempuran Stalingrad yang membuat harapan menguasai benua biru pun pupus. Lalu pada Juni 1944, pasukan sekutu mendarat di pantai Normandia di Perancis dan mulai menerabas pertahanan Jerman menuju jantung kota Berlin. Juli 1944 adalah saat dimana beberapa Jenderal Jerman mulai melunak kepada pasukan sekutu bahkan membelot melawan Hitler. Rencana mereka membunuh Hitler gagal, bahkan Hitler mengeksekusi 4.000 warganya yang dianggap berkhianat kepada Jerman.
Pertempuran Stalingrad

Bulan Januari 1945 adalah bulan suram bagi Jerman, setelah pasukan Soviet membalas penyerangan mereka di Stalingrad dan menggempur habis-habisan kota Berlin, Hitler bersembunyi dalam bunker hingga hari-hari terakhir hidupnya. Terpendam 55 kaki di bawah istana Kanselir Jerman, persembunyian Hitler terdiri dari 18 ruangan megah yang tidak seperti bunker umumnya. Meski dirundung kemarahan besar, Hitler masih memberi komando kepada beberapa bawahannya seperti Hermann Goering, Heinrich Himmler dan Josef Goebbels. Ia bahkan menikahi asistennya yakni Eva Braun dua hari sebelum bunuh diri.

Dalam surat wasiat Hitler, ia menunjuk Admiral Karl Donitz sebagai kepala negara dan Goebbels sebagai Kanselir Jerman. Hitler juga kembali ke rumahnya yang menjadi saksi bisu bunuh dirinya bersama Eva Braun.

Jasad Hitler dan Eva Braun setelahnya dikremasi dalam istana kanselir ketika pasukan Soviet menutup bangunan tersebut. Ketika pasukan Soviet sampai ke dalam istana, mereka memindahkan abu hasil kremasi Hitler dan memindahkan abu tersebut ke tempat yang tidak diketahui agar para pendukungnya tidak membuat semacam tempat memorial kematiannya. Delapan hari setelah kematian Hitler, tentara Jerman menyerah tanpa syarat ke pangkuan sekutu serta merelakan wilayah Jerman diduduki pasukan sekutu.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon