Rabu, 27 April 2016

Gimana Cara Memilih Jurusan yang Pas untuk Kuliah?

Tags
Loading...

Untuk kamu yang telah menyelesaikan UN dan sedang mempersiapkan SBMPTN sering sekali bingung untuk urusan kuliah, urusan kuliah ini berkaitan dengan pemilihan Universitas dan Jurusan. namun yang sering kali terjadi dilema adalah dalam pemilihan jurusan. Sering saya liat anak SMA yang telah lulus UN bingung untuk kuliah di jurusan apa?
Kebingungan ini justru harus dihindari karena terlalu banyak bingung kamu ngga bakal fokus belajar buat tes seleksi PTN. Pemilihan jurusan kuliah memang problematis dan menarik menurut saya. sering kali jurusan kuliah dikaitkan dengan prospek kerja kedepan, namun banyak kasus yang saya temui jurusan kuliah A belum tentu bekerja A juga. Banyak kasus yang saya temui pemilihan jurusan kuliah ini banyak dipengaruhi oleh Orang Tua, Teman, atau malah pacar kamu sendiri. Yah sebisa mungkin pemilihan jurusan ini mengikuti kemauan kamu sendiri dan tanpa pengaruh orang lain. Kehidupan kedepan merupakan kehidupan kamu kelak, apa yang kamu putuskan sekarang mempengaruhi kehidupan kamu kedepannya. Oke saya hanya berusaha merangkum bagaimana mencari jurusan yang tepat buat kamu?

1. Kenalilah dirimu

Nah loh apa maksudnya, maksudnya disini kamu harus tau seluk beluk diri kamu sendiri, karena yang mengetahui diri kamu secara pasti adalah kamu sendiri bukan orang lain. Simpelnya kamu tau kemampuan kamu secara pasti misalnya, kamu tau kelemahan kamu di bidang apa? kamu ngga bisa gambar namun   karena terpengaruh pacar kamu, kamu memaksakan masuk jurusan Arsitek.nah loh ini bahaya banget, ini yg saya maksud harus dihindari, karena kamu adalah kamu, bukan orang tua kamu atau pun pacar kamu. Kamu mulai sekarang harus mengetahui diri kamu sendiri. Ok sekarang ambil kertas selembar, identifikasi diri kamu. oke caranya saya  kasih tau dibawah.

Apa kelebihan saya?


  • Berlogika
  • Bernalar

Apa kekurangan saya?

  • Tidak peka
  • Tidak bisa gambar
  • Tidak punya nilai seni

Itu merupakan contoh kecil untuk identifikasi diri kamu sendiri. Yah penilaian dari luar memang perlu untuk identifikasi diri kamu. Namun sebisa mungkin penilaian itu dari Kawan terdekat yg telah benar kenal diri kamu dan guru yang selama ini menilai kamu. 

2. Pilih jurusan yang berkaitan dengan apa yang kamu sukai 

Ini berkaitan juga sih dengan hobi kamu, yah ada bagusnya kamu ngambil jurusan kuliah itu sehubung denan hobi kamu, tapi bukan hobi yang angin-anginan yah, maksudnya gini banyak saya temui anak SMA tiba-tiba hobi komputer eh besoknya udah ngga belajar lagi. Kasus ini lebih banyak karena pengaruh dari ekternal macam teman dan media. Cari hobi kamu dari kecil misalnya kamu hobi banget gambar dan sampe SMA pun kamu tetap nekunin. nah kemampuan itu pas banget kalo kamu kuliah jurusan kaya seni atau artsitek. Kasus yang lain misalnya kamu hobi banget ama matematika dan kamu bakal ngerjain soal sampai kelar dan ketemu formulanya, walaupun harus begadang. nah itu dengan kemampuan itu kamu cocok masuk jurusan Matematika atau komputer. bukan malah kamu ambil jurusan sosial. Misalnya kamu orang yang hobi dalam berorganisasi dan aktif dalam  mengikuti berita politik, maka kamu cocok tuh ambil jurusan yang berbau politik dan hukum. Cara ini ngga bakal sulit untuk diterapkan karena kamu tau apa hobi kamu sehari-hari dan kebiasan kamu. 

3. Ikuti Tes Bakat

Kalau kamu masih bingung juga dengan apa bakat kamu? ada baiknya kamu konsultasi dengan psikolog dan mengikuti Tes Bakat jika dua cara diatas gagal meyakinkan kamu. Tes Bakat ini biasanya banyak tersebar dikota-kota besar, bahkan ada sekolah yang mewajibkan siswanya untuk mengikuti Tes Bakat untuk mengetahui kapabilitas siswanya serta kecerdasan siswanya. kecerdasan setiap individu itu berbeda yah satu sama lain. Kalo di Jakarta sih tes bakat gitu sering ada tuh di Salemba.


Sumber gambar

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon