Minggu, 01 Juli 2018

Apakah bisa lolos SBMPTN tanpa bimbel?

Tags


Gue akan jawab" lu bisa ko lolos sbmptn tanpa bimbel sekalipun". Ok gue kuliah di salah satu PTN terkenal di Jabodetabek dan gue ngga les untuk masuk PTN tersebut. banyak temen atau adik kelas gue yang udah bayar mahal untuk les tapi malah ngga lolos masuk PTN. apakah les itu suatu jaminan? LES ITU BUKAN JAMINAN lu keterim di PTN, btw banyak di PT gue yang lolos tanpa bimbel sekalipun.
Malah ada temen gue udah ngeluarin duit berjuta-juta selalu gagal masuk PTN. Gue nulis tulisan ini biar lu pada pejuang tanpa les yang umumnya tidak berduit kaya gue, tidak takut untuk menghadapi tes SBMPTN atau pun tes seleksi lainnya. terus apa dong yang gue harus lakuin sebagai pejuang tanpa bimbel. Oke gue sedikit ngasih saran-saran sama lu pada nih. oke gue susun step by step
1. Tes masuk PTN itu beda dengan UN
kenapa bisa beda? yah tes UN itu cuman bahan evaluasi lu belajar selama tiga tahun di SMA/MA/SMK. UN itu tes dimana ada silabusnya dan jelas step by stepnya, yah pengalaman gue dan adik kelas gue UN mah soalnya gitu-gitu aja. Tes masuk PTN itu sifatnya seleksi, dan panitia ngga ngasih kisi-kisinya. namanya juga soal seleksi maka lebih sulit dari UN. terus apa yang gue harus lakuin? ada baiknya lu belajar soal-soal seleksi PTN dibandingkan soal UN, knp mesti soal PTN? sebab materinya jauh lebit sulit daripada soal UN, jadi otomatis lu bisa ngerjain soal yang lebih mudah macam UN. yah walaupun soalnya kita ngga bisa prediksi soal apa yang keluar tapi dari pengalaman yang ada, materinya ngga bakal jauh dari materi sekolah yang diajarin sekolah-sekolah pada umumnya. cuman soalnya seleksi itu lebih rumit dan berupa pengembangan.  
2. Ubah cara belajar lu
Kenapa gue bilang harus diubah? soal seleksi masuk PTN memaksa lu bernalar lebih bukan sekedar menghapal rumus. lu dituntut lebih dari sekedar hapalin macam rumus F=m.a,  W=F.s, atau lu ngapalin rumus2 ekonomi, kurva2 ekonomi, dll. cara belajar menghapal ini cara belajar anak SD dimana waktu kecil lu memang hebat untuk menghapal, namun ketika dewasa otak lu berubah cara kerjanya bukan dengan menghapal lagi. Kalo lu menghapal tipe-tipe soal  tahun-tahun lalu, ternyata soal yang keluar beda JENG-JENG SIA-SIA deh lu belajar. 
Biasakan diri lu untuk menguasai bab secara menyeluruh dan lu ngerti KONSEP. lu harus tau asal-usul rumus tersebut. rumus-rumus fisika yang ada bukan keluar begitu aja, rumus-rumus yang ada itu hasil dari penalaran matematis. Inget yah mtk itu ilmu bantu semua bidang ilmu. rumus-rumus ekonomi, dan kurva yang ada merupakan hasil dari gejala yang ada lalu diterapkan secara matematis. yah gue bisa sadari kondisi ini disebabkan oleh guru lu juga yang menerapkan metode menghapal tanpa mau tau knp bisa ada rumus itu, oke gue bakal ngasih contoh nih tentang rumus pytagoras, knp rumusnya bisa begonoh
3. Kenali musuhmu maka kau akan memenangkan pertempuran. 
Ini sering terjadi ama anak-anak SMA kelas 12 atau kelas 3. mereka terlalu sibuk dengan UN padahal ada musuh yang lebih berat yaitu SBMPTN dan soal seleksi PTN. mereka bertanya-tanya apa aja sih yang diujikan di SBMPTN pasca UN berakhir. padahal boleh jujur ini telat sih. karena jeda waktu UN ke SBMPTN itu relativ singkat bagi gue. relativ singkat kalau kita mulai ngulik materi dan soal sbmptn dalam jangka waktu kurang lebih 50 hari. karena seperti yang udah gue bilang UN dan SBMPTN itu sesuatu yang berbeda. Mengerjakan soalnya pun juga berbeda. oke terus apa aja sih yang diujikan di SBMPTN?
a.TKPA yang terdiri dari 90 soal, 45  TPA + 15 soal B.Indo + 15 soal Inggris + 15 soal Mtk Dasar
b.TKD Soshum 60  soal, 15 Ekonomi + 15 Sejarah + 15 Geografi + 15 Sosiologi. 
c.TKD  Saintek 60 soal, 15 Fisika + 15 Mtk IPA + 15 kimia + 15 Biologi

oke sekarang lu udah tau apa aja yang diujikan di SBMPTN itu apa. secara umumnya sih seleksi lain pun terdiri dari tes yang sama meskipun komposisi jumlah soal berbeda.  
4. Fokus
ini merupakan hal sulit yang dilakukan pemuda jaman sekarang. mereka gampang kehilangan fokus, apa lagi yang ngga bimbel, godaannya berat sekali karena mereka banyak waktu lowong di rumah. beda dengan bimbel yang udah terjadwal sesuai jadwal bimbelnya. Fokus ini berkaitan dengan kemalesan lu dan kurangnya obsesi lu. KEMALASAN merupakan KEGAGALAN UTAMA SBMPTN. lu males gue jamin lu pasti gagal ngga keterima di PTN yang lu mau. Kemalesan yang paling utama yaitu lu MALAS MEMULAI selalu menunda-nunda, tau-taunya besok udah tes eh lu belajar sistem SKS. stop belajar sistem SKS ini bakal menyiksa otak lu dan diri lu sendiri. lu harus tau dalam tes seleksi pasti banyak yang berguguran lu pasti ngga mau jadi pihak yang beguguran kan. nih gue kasih data tentang persentasi kelulusan SBMPTN dan Brp banyak peserta yang gagal
persentase-sbmptn
luar bisa bukan?Ternyata yang gagal mencapai 80 % berbeda sama UN yang pasti diri lu lulus. jujur ngga lulus SBMPTN ITU MENYAKITKAN.  
5.Bikin Target Belajar apa yang lu mau capai
Ini merupakan hal penting, karena ini berkaitan dengan strategi yang lu gunakan dan waktu yang lu gunakan. ibaratnya gini, lu perang terus menerus tapi ngga tau target apa yang lu capai dan lu asal serampangan aja nembak, lu belajar terus menerus tapi lu ngga tau target/materi apa yang lu harus capai. dengan adanya target lu bisa menentukan pencapaian apa yang mesti lu raih. 
6.Biasakan belajar terstruktur
Ini berkaitan dengan penguasaan konsep, contoh gini "lu ngga mungkin ngerti bab logaritma tanpa ngerti bab tentang eksponen. lu ngga mungkin ngerti kebijakan moneter dalam ekonomi sebelum lu tau hukum permintaan penawaran.cara belajar terstruktur ini memudahkan lu untuk berpikir lebih luwes dan terstrukur mengerti konsep sejelas-jelasnya.  
7.Try Out 

Mengapa ini penting? Karena TO ini mengukur seberapa kemampuan lu, dan lu bakal tau seberapa kuat pesaing lu diluar sana. Sekarang ini banyak bgt TO SBMPTN yang diadakan dimana-mana. secara biaya pun terjangkau dan murah untuk kantong pelajar. TO ini juga buat bahan evaluasi diri lu, lu bakal tau dimana kelamahan lu, materi apa yang ngga dikuasain sama lu, terus usaha apa yang perlu dilakukan oleh lu untuk mencapai nilai aman supaya lolos.

sumber gambar: alfa-img  

Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments

1 komentar so far

Terimakasih kak atas informasi dan motivasinya! Doakan kami lolos SBMPTN-2018 ya 😊 Aamiin


EmoticonEmoticon