Apa Sih Yang Sering Bikin Gagal Dalam SBMPTN?

Pertanyaan ini banyak diajukan oleh ade kelas gue nih, bro apa sih yang bikin kita gagal dalam sbmptn? wih ini pertanyaan menarik untuk dijawab. gue sih ngga bisa jawab ini secara riset  yang lengkap. tapi menurut pengalaman gue banyak hal yang menyebabkan lu gagal SBMPTN. yah jawaban-jawaban ini  ngga secara keseluruhan sih bisa menjawab pertanyaan itu. setidaknya lu bisa hindari penyebab kegagalan ini di SBMPTN atau seleksi mandiri lainnya. oke gue bakal urutin satu persatu

1.Penyebab utama lu gagal yang pertama adalah "MALAS" ini penyakit klasik dari pemuda Indonesia dari dulu sampai sekarang, yah gue sih ngga bisa menyalahkan kemalasan lu pada. tapi setidaknya dalam SBMPTN atau tes seleksi lainnya jgn sampai ada kata "MALAS". ini penyakit berbahaya yang pasti buat lu "GAGAL" dalam semua tes. saran gue sih mulai sekarang lu berusaha komitmen untuk rajin belajar. memang membuang rasa malas itu sulit, kemalasan orang ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya gadget nih. gadget ini sering gue liat buat orang males nyentuh buku. sibuk Chating sana sini, sibuk update instagram.
coba deh dari sekarang frekuensi lu megang gadget dikurangin, kalo perlu minta bokap nyokap lu untuk nyimpen tuh gadget sampai sbmptn hehe. karena keseringan males akhirnya lu mengandalkan sistem yang tidak sehat yaitu SKS padahal materi SBMPTN itu bejibun, lu ngga mungkin belajar dalam sehari
males belajar


2.Oke masalah pelik kedua itu ada "INKONSISTEN" gue sih lebih sering nyebutnya lu belajar angin-anginan,  kadang ada kadang ngga. kadang belajar kadang ngga belajar. "tapi kan gue udah belajar bro". emang sih lu udah belajar tapi belajar ala angin lebih sering buat lu cepat lupa. yang namanya belajar itu harus terus menerus, karena dalam satu hari ngga mungkin lu mengingat semua apa yang lu pelajari. mau ngga mau lu harus melakukan perulangan terus menerus. Jadi informasi yang lu pelajari makin lengket di otak lu. INKONSISTEN biasanya juga dipengaruhi motivasi lu kurang kuat akan sesuatu.


3.lu terlalu ngarepin SNMPTN/Undangan bahkan terkadang lu terlalu yakin keterima. padahal peserta SNMPTN Undangan itu lu biasa banyak. untuk perbandingan aja, peserta SNMPTN 2015 itu ada 850 ribu yang keterima ngga lebih dari 137 ribu yah kurang lebih 16%. Terkadang gue nganggep SNMPTN ini penuh ketidakadilan. kecendrungan PTN favorit menerima siswa/siswi dari SMA Unggulan. padahal seleksi nilai rapor ini bisa saja syarat kecurangan, bisa saja sekolah membesarkan nilai-nilai siswa-siswinya. Untungnya tahun ini kuota SNMPTN dikurangi 10%. gue sih berharap undangan ngga lebih dari 10% aja. gue berharap SBMPTN kuotanya 80% dari kapastias kursi SNMPTN. makannya lu jgn terlalu ngarepin SNMPTN undangan. daripada lu sakit hati hehehe.


4.Lu ngga tau tantangan yang lu hadapi
ini kadang buat gue kesel sih, banyak yg nanya "apa aja sih yang diujikan SBMPTN?" dan mereka nanya pasca UN. duh ibarat perang tinggal sedikit lagi, lu ngga tau musuh lu siapa didepan. oke yang diujikan di SBMPTN itu ada TKPA(tpa, mtk_dasar, b.indo, b.ingg) + TKD Soshum/Saintek. btw soal SBMPTN itu jauh lebih SULIT dari UN. jadi lu butuh belajar ekstra dan mengerti konsep akan materi yang lu hadapi pas tes. Nah selain itu kadang lu ngga tau siapa aja yang lu hadapi? siapa aja musuh lu? Oke untuk lu yang minat Univ tertentu dengan jurusan tertentu, mulai sekarang lu cari nih infonya.
a.Brp Pesaing loh? ini bisa dilihat dari data tahun ke tahun. gue rasa banyak situs yang nyediain informasi ini. bahkan situs Universitas tertentu menyediakan peta persaingan dari tahun ketahun.
b.Dari mana aja mereka berasal? Contoh gini mayoritas anak Kedokteran UI itu berasal dari Jakarta. nah berarti saingan terberat lu nanti berasal dari Jakarta. lu jangan minder meskipun lu berasal dari luar daerah, yah memang sih secara indeks pendidikan di kota besar itu lebih baik, tapi itu ngga menutup kesempatan lu ko. SBMPTN atau tes seleksi lainnya murni ngeliat mampu ngga lu ngerjain soal sbmptn bukan asal sekolah lu dan daerah lu.


5. Lu KEPEDEAN dan ngga REALISTIS kenapa gue bisa bilang gini. oke ada baiknya lu sering Try Out SBMPTN, knp lu mesti ikut? karena disitu bakal diukur seberapa jauh kemampuan lu. biasanya sih di bimbel-bimbel sering diadakan try out dimana bimbel tersebut mematok kira2 lu butuh skor brp untuk mencapai jurusan yang lu mau? jangan memaksakan diri kalo sekiranya nilai-nilai lu ngga mencukupi untuk masuk univ tertentu dan jurusan tertentu. waktu zaman gue dulu, temen2 gue banyak ngotot "pokoknya gue harus kedokteran UI atau UGM" padahal secara kemampuan dan nilai try out mereka terlalu jauh untuk mencukupi, padahal kedokteran itu bukan cuma ada di UI atau UGM.  gue bukan bermaksud mengendurkan semangat lu, tetapi gue mau realistis aja. toh Kedokteran, akutansi , dll, bukan cuma ada di UI atau UGM doang. banyak ko Universitas bagus selain itu. gue juga ngga mau lu tersakiti karena terlalu memaksakan yang tidak sesuai.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Apa Sih Yang Sering Bikin Gagal Dalam SBMPTN?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel